Disnakan Usulkan Pembangunan RPH Kapasitas Besar Kepada Pemerintah Pusat

KBRN, Sungai Penuh: Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh tahun 2022 ini mengusulkan penambahan satu Rumah Potong Hewan (RPH) kepada Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh Penny Pebriyanti mengatakan, usulan penambahan RPH ini sudah diajukan sejak Januari lalu, dan saat ini masih dalam kajian oleh Badan Pembangungan Nasional (Bapenas).

"RPH yang diusulkan tersebut merupakan RPH yang memiliki kapasitas besar dan bisa menampung pemotongan hewan hingga 10 ekor  per hari. Dan RPH ini nantinya akan disandingkan dengan pasar ternak yang ada di Kota Sungai Penuh, sehingga ini dapat memudahkan peternak dan masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan," jelasnya, Sabtu (25/06/2022).

Penny menyebutkan, saat ini Kota Sungai Penuh hanya memiliki satu rumah potong hewan dengan kapasitas yang cukup kecil yakni hanya mampu menampung 4 hewan ternak dalam satu hari.

"Kondisi ini membuat kita sulit untuk memantau dan mengecek kualitas hewan yang disembelih, karena para peternak atau pedagang banyak yang melakukan pemotongan hewan ternaknya di rumah masing-masing," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar