November 2021, Kota Jambi dan Bungo Alami Inflasi

KBRN;Jambi. Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Jambi mencatat pada November 2021, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,49 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 107,48 dan Kota Muara Bungo inflasi sebesar 0,60 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 107,21.

Kepala BPS provinsi Jambi Agus Sudibyo menyebutkan Inflasi Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks pada enam kelompok pengeluaran, sedangkan inflasi Kota Muara Bungo terjadi karena adanya kenaikan indeks pada empat kelompok pengeluaran barang dan jasa.

"inflasi Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks pada enam kelompok pengeluaran, yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 1,16 persen; kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,38 persen; kelompok Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,34 persen; kelompok Transportasi sebesar 0,15 persen; kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,04 persen; serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,53 persen, " terang Agus Sudibyo dalam rilis berita resmi statistik secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Disampaikan pihaknya, untuk Laju inflasi tahun kalender dan year on year Kota Jambi pada bulan ini masingmasing sebesar 1,18 persen dan 1,91 persen. Sedangkan laju inflasi tahun kalender dan year on year Kota Muara Bungo masing-masing sebesar 1,20 persen dan 1,77 persen.

Sementara itu, dari 24 kota IHK di Sumatera, seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Banda Aceh sebesar 0,87 persen dan terendah di Kota Lubuk Linggau sebesar 0,29 persen. 

"Dari 90 kota IHK se-Indonesia, sebanyak 84 kota mengalami inflasi, dan enam kota deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Sintang sebesar 2,01 persen dan terendah di Kota Bima dan Kota Pontianak masing-masing sebesar 0,02 persen, sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Kota Kotamobagu sebesar 0,53 persen dan terendah di kota Tual 0,16 persen, " pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar