Pandemi Covid-19, Loka POM Sungai Penuh Tetap Lakukan Pengawasan

KBRN, Sungai Penuh: Meski ditengah pandemi Covid-19, Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Sungai Penuh tetap melakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan dengan sasaran sarana distribusi pangan yakni distributor, supermarket, minimarket dan toko, sekaligus melakukan sampling pangan siap saji yang dijual dibeberapa sentra penjualan jajanan di Kota Sungai Penuh hal ini dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran makanan yang tidak memenuhi persyaratan.

Kepala Loka POM di Sungai Penuh Tessi Mulyani mengatakan, sejauh ini penemuan panganan jajanan yang tidak memenuhi persyaratan, hanya terjadi pada tahun 2019 lalu, dimana terdapat panganan jajanan bulan ramadhan yang mengandung rodamin.

“Kami langsung melakukan edukasi kepada para pedagang, dan yang saya suka mereka itu mengerti, bahkan dagangan mereka itu di musnahkan sendiri, alhamdulillah sampai sekarang belum ditemukan kembali adanya kasus yang sama maupun penemuan-penemuan lainnya,” jelas Tessi Mulyani, Rabu (03/03/2021).

Dalam melakukan pengawasan, terdapat 5 komoditi yang menjadi sasaran Loka POM di Sungai Penuh yakni obat, kosmetik, obat tradisional, suplemen kesehatan dan pangan. Untuk itu Tessi Mulyani menghimbau kepada masyarakat untuk cerdas dan kolektif dalam memilih obat dan makanan yang akan dikonsumsi, dengan memastikan obat dan makanan tersebut sudah terdaftar di Badan POM.

“Kalau ditemukan adanya kecurigaan terhadaap peredaran obat maupun makanan di Kota Sungai Penuh maupun Kabupaten Kerinci, silahkan masyarakat menginformasikan ke Loka POM Sungai Penuh bisa melalui telp, WA, instagram maupun facebook untuk kami ditindaklanjuti,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00