Kejar Penanaman Padi Di Bulan Ini

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura prov Jambi Ahmad Mausul

KBRN;Jambi. Bulan ini, petani diharapkan sudah melakukan tahapan penanaman padi, terlebih untuk empat wilayah Barat provinsi Jambi, yakni Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.  Hal ini disampaikan kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura provinsi Jambi Ahmad Mausul.

Menurut  Mausul, Cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tidak terlalu tinggi dinilai menguntungkan bagi  wilayah yang berada dibagian Barat provinsi Jambi tersebut.

“ kondisi sekarang menguntungkan bagi pertanian untuk wilayah Barat karena kebanyakan wilayah Barat merupakan rawa yang jika kering tetap dapat melakukan penanaman dan ketika tidak tergenang air dengan curah hujan tidak terlalu tinggi ini justru menguntungkan bagi daerah itu, “ kata Mausul, Selasa ( 2/3/2021).

Sebaliknya, beberapa wilayah lain di Jambi yang amsih banyak turun hujan, penanaman padi belum begitu baik. Di Sarolangun misalnya, rusaknya beberapa bendungan dan irigasi berpengaruh terhadap penanaman padi di wilayah itu, namun untuk Kerinci ,lanjut Ahmad Mausul belum terkendala karena kepemilikan irigasi .

“ dari Maret-April-Mei penanaman padi belum begitu baik, belum tinggi luas tanamnya yang dilakukan petani kita karena cuaca berubah-ubah, “ pungkas Mausul.

Lebih lanjut diterangkan, “Maret ini sudah ada penanaman padi karena sudah tidak ada lagi banjir dan harus dikejar termasuk untuk bantuan benih dari pemerintah pusat”.

Terkait luas tanam di tahun 2021, pihaknya menerangkan setidaknya ditargetkan sebanyak 179 ribu hektar .

“ dengan dua musim tanam Oktober-Maret (Okmar) dan April-September target tahun ini 179 ribu hektar, dengan Okmar sebanyak  73 ribu hektar dan ianya di April-September, “ imbuhnya.

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00