Februari 2021, Kota Jambi dan Bungo Alami Deflasi

KBRN:Jambi. BPS provinsi Jambi mencatat pada Februari 2021, Kota Jambi dan Kota Muara Bungo mengalami deflasi, masing-masing sebesar 0,47 persen dan 0,46 persen. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) prpvinsi Jambi mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,45 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 105,98. 

"Deflasi di Kota Jambi terjadi pada 5 (lima) kelompok pengeluaran, sedangkan deflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 3 (tiga) kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya penurunan indeks, " kata Wahyudin dalam rilis virtualnya, Senin (1/3/2021).

Adapun Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Jambi Bulan Februari 2021 antara lain: cabai merah, daging ayam ras, bayam, kangkung, jengkol, telepon seluler, bioskop, emas perhiasan, sawi hijau, dan ikan lele, sedang untuk komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Muara Bungo adalah cabai merah, daging ayam ras, ayam hidup, emas perhiasan, telur ayam ras, ikan tongkol, kentang, petai, jengkol, dan beras.

Lebih lanjut dinsampaikan, Dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, 20 kota mengalami deflasi, sedangkan empat kota inflasi. "Deflasi tertinggi se-Sumatera terjadi di Kota Gunung Sitoli sebesar 1,55 persen dan sekaligus menjadi deflasi tertinggi secara nasional dan deflasi terendah se-Sumatera terjadi di Kota Palembang sebesar 0,08 persen, " tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00