Loka POM di Sungai Penuh Gelar Sosialisasi dan Desk Registrasi Pangan Olahan

KBRN, Sungai Penuh: Direktorat Registrasi Pangan Olahan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan berkolaborasi dengan Kantor Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Sungai Penuh, Senin (22/02/2021) menggelar kegiatan sosialisasi dan desk registrasi dalam rangka jemput bola registrasi pangan olahan, yang bertempat di Aula Hotel Mahkota Sungai Penuh.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Kantor Loka POM di Sungai Penuh Tessi Mulyani kepada rri.co.id menuturkan, kegiatan sosialisasi ini sejatinya sebagai upaya Loka POM untuk melakukan jemput bola kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan misi untuk mengembangkan obat dan makanan yang berkepihakan kepada pelaku UMKM.

“Kita harus tahu pada prinsipnya setiap makanan dan obat-obatan yang beredar di Indonesia harus terdaftar di Loka POM, dan ada olahan makanan tertentu yang memang harus memiliki izin edar BPOM MD, misalnya makanan frozen,” tegasnya.

Tessi Mulyani menyebutkan, pada tahun 2020 lalu Loka POM di Sungai Penuh telah mengeluarkan izin MD terhadap 13  pelaku usaha Mikro terutama untuk produksi kopi.

“Tahun ini kita gencar melakukan jemput bola agar seluruh produk olahan yang beredar di Indonesia khususnya Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci sudah memiliki izin edar,” tambahnya.

Untuk diketahui yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut yakni perwakilan dari Direktorat Registrasi Pangan Olahan BPOM Pusat Wiryani dan Putri Damai Lestari, Kepala Kantor Loka POM di Sungai Penuh Tessi Mulyani dan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Tenaga Kerja Kota Sungai Penuh Alex Pranozal, yang di ikuti oleh puluhan pelaku UMKM dari Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00