Tiga Puskesmas Di Kerinci Belum Terakreditasi

KBRN, Sungai Penuh: Dari 21 puskesmas yang ada di Kabupaten Kerinci, ada tiga puskesmas belum terakreditasi, ketiga puskesmas tersebut yakni puskesmas Simpang Tutup, Bukit Kerman dan puskesmas Muara Emat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal mengatakan, tiga puskesmas yang belum mendapatkan akreditasi merupakan puskesmas yang baru dibangun. Sehingga untuk mendapatkan akreditasi harus menyiapkan kebutuhan puskesmas, baik tenaga medis, pelayanan dan lain sebagainya.

“Saat ini kami sedang menyiapkan kebutuhan tenaga medis terlebih dahulu, dimana ada sembilan tenaga medis pokok yang akan disiapkan, diantarnya tenaga dokter, perawat, bidan, labor, kesling, gizi, dan apoteker. Karena hal ini merupakan syarat dasar untuk bisa diajunya sebagai akreditasi puskesmas,” Ungkap Hermendizal, Kamis (26/11/2020).

Ia menyebutkan, saat ini ada peraturan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bahwa empat tenaga boleh dikontrak, sehingga satu tenaga dokter gigi boleh dipakai oleh empat puskesmas. Dengan adanya kemudahan ini, pihaknya menargetkan pada tahun depan, tiga puskesmas tersebut sudah bisa diajukan untuk mendapat akreditasi.

“Dengan adanya akreditasi tersebut maka akan ada pengkuan dari Kemenkes, bahwa masyarakat yang ada diwilayah setempat sudah mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar,baik dari segi tenaga medis, pelayanan dan lain sebagainya.

Diakui bahwa Kabupaten Kerinci masih kekurangan tenaga medis, sementara penerimaan CASN tahun 2020 ini belum keluar hasil penempatannya, dan apabila sudah keluar maka bisa dilihat berapa yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga medis tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00