Tahun 2020 Ini Pemkab Mulai Melakukan Pembangunan Dua Rumah Sakit Tipe D

KBRN, Sungai Penuh: Keterbatasan kapasitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MHA. Thalib Kerinci kerap berpengaruh dengan pelayanan pasien, apalagi RSUD harus melayani warga dua daerah yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang kadang terkendala dengan terbatasnya ruangan dan tempat tidur. Sementara untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kerinci tahun 2020 ini mulai membangun dua Rumah tipe D yang terletak di wilayah kerinci bagian hilir dan kerinci bagian mudik.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal menjelaskan, tahapan pembangunan rumah sakit tipe D di Kabupaten Kerinci ini sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu, dimana untuk tahap awal anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 sebesar Rp.4 Milyar untuk masing-masing gedung rumah sakit, dan pembangunan rumah sakit ini juga akan berdampak terhadap pelayanan pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

“Sebenarnya kalau sesuai aturan rujukan BPJS itu harus melalui Rumah Sakit tipe D dulu,tapi karena kita belum memiliki Rumah Sakit tipe D,BPJS mau mengasih kelonggaran pada kita,” ungkap Hermendizal, Selasa (10/08/2020).

Ia menambahkan, lokasi pembangunan rumah sakit tipe D di Kabupaten Kerinci bagian hilir berada di kecamatan Bukit Kerman dan untuk kerinci bagian mudik berada di kecamatan Gunung Kerinci. Untuk lokasi bagian mudik merupakan tanah milik Pemerintah Daerah, sedangkan lokasi dibagian hilir merupakan tanah hibah dari masyarakat.

“Untuk tahapan pembebasan tanah sudah selesai dilaksankan, dan untuk pembangunan sendiri akan dilakukan tander melalui Dinas PUPR Kabupaten Kerinci,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00