Dari 34 Home Stay, Baru 2 Home Stay Yang Mengantongi Izin

KBRN, Sungai Penuh: Dari 34 home stay yang beroperasi di Kabupaten Kerinci, ternyata hanya 2 home stay yang ada di Kerinci yang mengantongi izin dalam bentuk Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kerinci.

Terkait hal ini Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dinas PMPTSP Kabupaten Kerinci Yanti membenarkan bahwa saat ini hanya ada dua home stay di Kabupaten Kerinci yang telah mengantongi izin.

“Home stay yang telah memiliki TDPU yakni homestay Family dan home stay Subandi di Kayu Aro”, jelasnya.

Yanti menambahkan, sejauh ini pihaknya telah menyurati pemilik home stay agar mengurus izin, namun tidak ditanggapi. Hal ini merupakan pelanggaran karena setiap pelaku usaha wajib memiliki izin usaha.

“Para pelaku usaha ini Cuma datang ke kantor mempertanyakan saja ke kita, namun sampai saat ini tidak mengurus izin. Sekarang kan sudah bisa mengurus izin melalui online”, katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kondisi ini sangat riskan mengingat selama beberapa waktu belakangan ini telah banyak beroperasi home stay di Kabupaten Kerinci, seperti Swarga, home stay Arafah dan sejumlah home stay lainnya.

Padahal sejauh ini homestay di Kabupaten Kerinci sudah berjalan, dengan tidak menarik untung besar dari home stay, namun bisa dipastikan untuk pribadi tanpa ada kontribusi kepada pemerintah.

Sementara itu, sebelumnya pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci menggelar pelatihan Manajemen Home stay di Kabupaten Kerinci.

“Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan, agar para pengusaha home stay bisa melaksanakan manajemen home staynya dengan baik”, sebut Juanda Plt. Kadisparbud.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00