Disdukcapil Kerinci Imbau Masyarakat,Untuk Tidak Mengurus Data Administrasi Kependudukan Melalui Calo

KBRN, Sungai Penuh: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci menghimbau masyarakat, yang belum mengurus data kependudukan seperti KTP elektronik agar tidak mengurusnya melalui calo, pasalnya jika mengurus data administrasi kependudukan melalui calo justru akan merugikan masyarakat itu sendiri.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci Nafritman, Selasa(30/06/2020), dijelaskannya penerbitan data kependudukan  bagi masyarakat dilakukan secara gratis, dengan ketentuan pengurusan data kependudukan dilakukan secara langsung oleh yang bersangkutan tanpa melalui calo, mengingat pelayanan data kependudukan ini dilakukan melalui Sistem Pelayanan Satu Pintu, baik untuk kepengurusan KK, KTP, Akta Kelahiran serta data kependudukan lainnya.

“Layanan yang kita berikan ini gratis, tpi jangan urus melalui calo,dan kami akan memberikan pelayanan sesuai dengan SOP,” tegasnya.

Nafritman menambahkan, tanpa membawa jasa calo, jika masyarakat telah memegang surat keterangan, akan menjadi skala priorita bagi pihak dinas, apalagi jika suket yang di pegang sudah lebih dari 6 bulan. Dan pihak dinas akan memberikan pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)/ terkecuali jika terkendala dengan jaringan komunikasi data.

“Himbauan untuk tidak menggunakan calo perlu terus disampaikan, karena jasa calo yang meminta biaya cukup besar akhirnya akan menimbulkan persoalan baru, paling tidak menimbulkan kesan pelayanan kependudukan membutuhkan biaya, padahal seluruh pelayanan data kependudukan diberikan secara gratis,”tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00