Jetz Hermanto: Hobi Mendaki Gunung, Kini Jadi Pekerjaan Yang Menggiurkan

KBRN, Kerinci : Jetz Herwanto cukup popular dikalangan pendaki hingga tour guide atau pemandu pendakian gunung di Kerinci. Pria yang disapa Jetz ini sudah menggeluti profesi tour guide sejak 2013 lalu.

Ia sudah menaklukan medan-medan gunung, mulai dari gunung kerinci hingga gunung merapi di Sumatra Barat. Tour Guide lokal asal siulak tersebut saat ini dipercaya sebagai koordinator Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Kerinci tahun 2022.

Berbagai tamu asing maupun lokal yang mendaki gunung di kerinci banyak dipandu mendaki olehnya. Jetz pun mengakui pekerjaan sampingan sebagai pemandu cukup menggiurkan. Satu orang tamu dikenakan tariff Rp 2,3 Juta per satu kali mendaki.

“Tamu Asing banyak dari Eropa,ada juga dari Singapur, Malaysia dan Thailand,” katanya kepada rri.co.id, Kamis (11/08/2022).

Jetz menceritakan, awalnya ia hanya ikut-ikutan teman yang hobi mendaki gunung. Karena sudah sering mendaki gunung, ia tertarik menjadi porter atau jasa pembawa fasilitas perlengkapan dan makanan bagi tamu yang mendaki gunung. Setelah selama satu tahun menjadi porter, ia mulai menjadi pemandu mendaki gunung, terutama untuk pendakian gunung kerinci.

“Awalnya cuma hobi, sering ketemu orang luar, banyak kenalan jadi banyak yang minta ditemani mendaki, awalnya jadi porter, setelah itu baru jadi guide,”terangnya.

Dikatakannya, biasanya pendakian akan ramai setelah lebaran, momen HUT RI dan moment tahun baru. Bagi tamu yang datang dari luar kerinci dilakukan penjemputan langsung, dengan system paket tour yang ada.

“Ada tiga paket tour gunung kerinci yang kami tawarkan, yakni Private trip, eksklusif trif, dan Combo trip yakni mendaki gunung kerinci dan danau gunung tujuh,”terangnya.Dalam satu bulan Jetz bisa membawa lebih dari 10 orang tamu. Dengan tariff yang ditawarkan Rp. 2,3 juta per dua hari sesuai dengan paket tour yang ada. Sedangkan seluruh perlengkapan dan penginapan pendaki sudah disediakan.

“Kalau hitungan bisnis menggiurkan, makannya saya masih bertahan hingga saat ini menjadi guide,” ujarnya.

Bagi Jetz menjadi tour guide tidak semudah yang dikira, karena memiliki tanggung jawab yang besar menyangkut keamanan dan keselamatan tamu.

“Sebagai pemandu kita harus memastikan tamu selamat, aman, nyaman dan yang pasti setelah naik gunung tamu berbahagia,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar