Besesandingon Mencegah Penularan Wabah Penyakit Ala Orang Rimba di Jambi

KBRN,Jambi; Beragam cara dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Ternyata orang rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Jambi memiliki kebiasaan unik dan teruji dalam melawan datangnya wabah dan menjadi bahan penelitian seorang siswa MTS An Nizom yaitu Ghery Neville peraih medali emas dalam Online sciense project competition (OSPC) 2022.

"Orang rimba disaat ada yang terserang penyakit menular akan secara sadar menjauh dari kelompoknya. Mereka menyebutnya dengan istilah besesandingon. Mereka isolasi selama 1-2 pekan atau sampai sembuh di rumah Sudung Daun yang berjarak 300 meter. Saya berkunjung ke orang rimba yang ada di Desa Nyogan, bertemu Temenggung Riyan." Ujar Gherry Neville yang didampingi mama Lidia saat mengisi bincang siang pengarustamaan gender Rabu (10/8/2022) di Prosatu RRI Jambi. 

Sebagai peraih medali emas Ghery akan kembali berlaga di OSPC tingkat internasional Oktober 2022 di Turki. Peraih medali perak akan berlaga di Malaysia, sementara peraih medali perunggu akan berlaga di Korea Selatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar