Tiga Perangkap Harimau Dipasang di Renah Kayu Embun Sungai Penuh

KBRN, Sungai Penuh : Tiga buah perangkap harimau dipasang di Renah Kayu Embun (RKE), Kota Sungai Penuh. Kerangkeng dipasang pihak BKSDA Jambi dan TNKS setelah kemunculan harimau sumatera di wilayah tersebut. Bahkan harimau sudah memangsa anjing milik warga. 

"Iya sudah dipasang kerangkeng. Ada tiga buah perangkap harimau sumatera di 3 titik wilayah kerja Renah Kayu Embun (RKE) oleh BKSDA bersama KPHP Kerinci, TNKS, KODIM Kerinci dan Polres Kerenci  beserta Kepala Desa RKE dan Masyarakat Setempat, " jelas Wira Kasi Perlindungan TNKS, Rabu (6/07/2022). 

Dia mengatakan kerangkeng dipasang sudah seminggu dengan umpan kambing dan anjing. Sampai hari ini harimau tersebut belum terpantau kembali kemana arahnya. Menurut informasi TNKS harimau sudah tidak ada lagi di RKE. 

"Sudah seminggu dipasang dengan  umpan kambing dan anjing. Tapi mungkin harimau sudah tidak di RKE lagi, " katanya. 

Diketahui Kepala Desa Renah Kayu Embun membuat laporan ke Kepala BKSDA Provinsi Jambi. Karena harimau mangsa tujuh ekor anjing di RKE. Antorudin, Kepala Desa Renah Kayu Embun Kecamatan Kumun Debai, dalam surat menjelaskan bahwa di Renah Kayu Embun telah terjadi konflik penampakkan harimau. 

"Informasi dari warga pada Rabu malam ada empat ekor anjing jadi korban, kemudian Kamis malam 2 ekor dan Jumat malam 1 ekor anjing jadi korban harimau," terang kades dalam Surat laporan ke BKSDA tertanggal Jumat, 25 Juni 2022. 

Kades mengatakan keberadaan harimau tersebut masih terlihat pada Jumat, 25 Juni 2022 malam. Pihaknya meminta agar BKSDA turun dan dapat segera menangani harimau di kawasan tersebut.

"Agar pihak BKSDA Provinsi Jambi dapat segera menangani konflik harimau dengan warga ini demi kenyamanan masyarakat," jelasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar