Berawal Dari Kelangkaan Pupuk, Petani Di Sungai Penuh Inisiatif Produksi Pupuk Organik Sendiri

KBRN, Jambi: Pupuk adalah salah satu kebutuhan penting para petani, karena berfumgsi sebagai pasakokan nutrisi bagi tanaman yang tentu saja dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Namun terkadang para petani harus mengalami beberap persoalan perihal ketersediaan stok pupuk yang kurang memadai, atau bahkan harga pupuk yang melonjak tinggi. Menyikapi masalah inilah para petani di Desa Talang lindung Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh berinisiatif untuk menciptakan pupuk sendiri berbahan dasar organik.

“Namun seiring dengan waktu bertambahnya harga pupuk dan pestisida, kita memutar otak bagaimana supaya kita bisa membuat pupuk sendiri, dan Alhamdulillah sudah 2 tahun terakhir ini kita mulai membudidaya seperti cabe dan tomat dengan menggunakan pupuk organik murni,” ujar  Mardizal Sumara salah satu Penggiat dan Petani Organik di Kota Sungai Penuh Rabu (06/07/2022).

Mardizal menambahkan hasil panen dari tanaman yang menggunakan pupuk organik jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang menggunakan pupuk berbahan dasar kimia.

“Salah satu contohnya tomat dari hasil pupuk organik daya simpannya jauh lebih lama serta buahnya kulitnya tebal dan isinya penuh, tidak ada yang kosong. Disamping itu penggunaan pupuk organik dalam jangka  panjang juga membuat  tanah menjadi semakin sehat,” tuturnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar