Desa Tamiai Kembangkan BUMDes Melalui Unit Usaha Jual Beli Kopi

KBRN, Kerinci : Banyak hal yang bisa dikembangkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan  melihat apa yang menjadi komoditas unggulan di desa, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci.

Saat ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tiang Bungkuk Desa Tamiai tengah mengelola unit usaha jual beli hasil pertanian khusus untuk komoditas kopi basah.

Kepala Desa Tamian Zastya Putra mengatakan, unit usah BUMDes pembelian hasil pertanian kopi ini dibuka dengan melihat potensi yang ada di desa yang mayoritas masyarakatnya adalah petani kopi.

“Pada tahun 2022 ini kami memberikan penyertaan modal untuk BUMDes sebesar Rp.146 juta rupiah, namun modal tersebut masih tergolong minim jika untuk mengcover seluruh hasil pertanian kopi masyarakat setempat, Sementara jika melihat potensi yang ada,  BUMDes membutuhkan tambahan penyertaan modal sebesar Rp.150 juta rupiah,” jelasnya, Sabtu (02/07/2022).

Zastya menyebutkan, untuk mengembangkan BUMDes, pihaknya juga mendorong Ketua dan Pengurus BUMDes untuk membuka unit usaha lainnya yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan.

“Sementara untuk unit usaha jual beli kopi basah, kami masih berupaya agar pengelolaannya bisa dilakukan secara maksimal, karena kopi yang akan dijual kembali oleh BUMDes ini sudah berbentuk kopi kering yang siap untuk diolah menjadi kopi bubuk berkualitas,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar