Plt. Kadis Disbudpar Kota Sungai Penuh: Batik Kota Sungai Penuh Sudah Menunjukkan Geliatnya Pasca Pandemi

KBRN, Jambi: Sempat mengalami penurunan dalam 2 tahun terakhir akibat Pandemi Covid 19, kini industri batik di Kota Sungai Penuh mulai menunjukkan geliatnya lagi, ditandai dengan menaiknya jumlah produksi dari para pengrajin batik di Kota Sungai Penuh.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sungai Penuh, Boby Arisandi mengatakan dari 8 Kecamatan yang ada di Kota sungai Penuh, seluruh nya memiliki pengrajin batik berbasis home industri di tiap-tiap Kecamatan.  

“Pengrajin Batik Incung di Kota sungan Penuh sangat banyak sekali, salah satu nya yang bisa kita lihat di Kecamatan Hamparan Rawang, tidak kurang 5 pengrajin batik ada di sana, apalagi di Pondok Tinggi dan Kecamatan Sungai Penuh,” tutur Boby pada Rabu (29/06/2022).

Boby menambahkan Pemenrintah melalui Disbudpar Kota Sungai Penuh selalu memberika dukungan dengan cara mengadakan kegiatan sosialisasi dan mengumpulkan para pengrajin batik agar bisa saling berbagi ilmu untuk mengembangkan usahanya.

“Karna sudah endemi, untuk tahun ini belum ada kita anggarkan, jadi kita hanya bisa mengadakan sosialisasi. Mudah-mudahan di tahun 2023 nanti itu akan kita anggarkan untuk mengadakan kegiatan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas batik Kota Sungai Penuh, dan itu sudah menjadi komitmen bapak Walikota dan Wakil Walikota ” tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar