Hampir 90 Persen Koperasi Di Kerinci Sudah Tidak Aktif

KBRN,Kerinci : Sekitar hampir 90 persen koperasi di Kabupaten Kerinci dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Sebab, koperasi tersebut tidak pernah menyampaikan  hasil laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara rutin.

Berdasarkan data yang di sampaikan oleh Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci,untuk jumlah koperasi yang pernah mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci sebanyak 240 koperasi,namun yang masih hanya 45 koperasi.

""Jumlah koperasi yang tidak aktif itu berjumlah sekitar 195, atau sekitar 90 persen dari jumlah 240 koperasi," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci Dartaska,Selasa (24/05/2022).

Disebutkan Dartaska,kebanyakan koperasi yang ada di Kabupaten Kerinci bergerak sinpan pinjam,sembako,pupuk,kopi arabika hingga kulit manis.

"untuk jenis koperasi di Kabupaten Kerinci bermacam-macam ada sinpan pinjam,pupuk maupun yang lainnya,"ungkapnya

Ditambahkan Dartaska,sejauh ini pihaknya setahun terus melakukan pemantauan maupun melakukan pembinaan kepada setiap koperasi yang pernah terdaftar di Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci,agar terus berkembang dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota.

"kita terus melakukan pembinaan serta pemantauan kepada setiap koperasi yang ada di Kabupaten Kerinci ini,baik menyangkut  membahas masalah permodalan maupun yang lainnya,"tambahnya

Kedepan,pihaknya akan melakukan pendataan ulang jumlah koperasi di setiap Kecamatan yang ada di kabupaten Kerinci,guna untuk mendapatkan data yang kongkrit terkait jumlah koperasi yang ada.

"setelah mendapatkan jumlah koperasi di Kabupaten Kerinci,kita akan lakukan sosialisasi untuk meningkatkan kemampuan pengurus koperasi agar bisa berkembang demi kesejahteraan masyarakat,"pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar