Pemkab Batanghari Raih Opini WTP dari BPK

Penyerahan LHP LKPD Pemkab Batanghari dari BPK Perwakilan Provinsi Jambi

KBRN,Jambi : Pemkab Batanghari mndapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Provinsi Jambi, untuk Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Rio Tirta, hari ini (18/5/2022) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atasLKPD tahun Anggaran 2021 kepada Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief dan Ketua DPRD Kabupaten Batanghari, Anita Yasmin.

Dalam sambutannya, Rio Tirta menyampaikan bahwa pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK.

“ Dan sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan,Pasal 17 UU Nomor 15 Tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP atas Laporan Keuangan tersebut kepada lembaga perwakilan dan pimpinan entitas sesuai dengan tingkat kewenangannya. Pemeriksaan atas Laporan Keuangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan opini (pernyataan pendapat) atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan mendasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP); kecukupan pengungkapan;kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan; dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).” ujar Rio Tirta.

Oleh karena itu dalam melakukan pemeriksaan keuangan, selain memberikan opini atas laporan keuangan, BPK juga melaporkan hasil penilaian terhadap SPI dan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar