41 CJH Sungai Penuh Telah Konfirmasi Pelunasan BPIH

KBRN, Sungai Penuh: Sebanyak 41 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Sungai Penuh yang akan berangkat pada musim haji tahun ini, telah melakukan konfirmasi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2022.

Kasi Haji dan Umroh Kementrian Agama Kota Sungai Penuh Zainuddin menyebutkan, selama terjadi penundaan keberangkatan, seluruh calon jemaah haji yang berangkat tahun ini tidak mengambil biaya pelunasan BPIH, sehingga mereka tidak terbeban dengan biaya pelunasan BPIH 2022 yang mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2020, BPIH yang harus dilunasi oleh calon jemaah sebesar Rp.32.752.000, karena calon jemaah sudah menempatkan dana Rp.25 juta untuk mendapatkan porsi haji, maka mereka hanya menambah sebesar Rp.7.752.000. Sementara itu, pada tahun 2022 ini, pemerintah menetapkan BPIH Naik menjadi Rp.39 juta, sehingga calon jemaah harus melakukan pelunasan sebesar Rp.14 juta rupiah,”jelas Zainuddin, Rabu (18/05/2022). 

Zainuddin menyebutkan, terkait dengan pelunasan BPIH calon jemaah haji asal Kota Sungai Penuh semuanya sudah clear, hanya saja saat ini pihaknya bersama Pemerintah Daerah masih mengkaji berapa biaya transportasi keberangkatan calon jemaah dari Sungai Penuh-Jambi maupun sebaliknya yang harus di tanggung oleh calon jemaah.

“Untuk persiapan keberangkatan, saat ini tengah berlangsung manasik haji yang dimulai sejak 16 Mei lalu hingga 30 Mei mendatang,kalau untuk paspor alhamdulillah semua calon jemaah sudah siap, kemaren ada 16 calon jemaah yang paspornya diperbaharui karena akan habis masa berlakunya pada januari 2023,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar