Perayaan Waisak 2566 BE Umat Buddha Jambi Laksanakan Ibadah di Wihara

KBRN,Jambi : Perayaan waisak yang di peringati tepat 16 Mei 2022 atau 2566 BE, Umat Buddha Jambi laksanakan ibadah di wihara, sementara gelaran di Candi Muaro Jambi sendiri sesuai rencana pada 22 Mei mendatang, disampaikan Ketua perkumpulan Buddha Jambi Rudy Zhang mengatakan segala persiapan telah siap baik seperti izin ke dirjen Kebudayaan dan BBJB. menurutnya karena masih pandemi covid-19, untuk peserta dari Thailand di pastikan datang sedangkan dari china masih di kondisikan, untuk target sendiri tahun ini 500 hingga 1000 peserta berbeda dari tahun sebelum pandemi yang mencapai 3000 hingga 5000 an peserta yang datang.

“yang biasa hadir dari India,Tibet, Thailand china, Singapur semua telah di komunikasikan karena di Negara tersebut masih terjadi pandemi sehingga tidak bisa di pastikan kehadirannya yang pasti banyak dari daerah Jawa,”ungkap.Ruddy Zhang.Senin.(16/05/2022).

Sementara untuk perayaan special tahun ini di jelaskan Rudy Zhang, untuk pengambilan air suci sebelum pandemi dengan mengambil air dari danau Gunung tujuh Kerinci namun tahun ini akan memanfaatkan air sumur yang ada di Kedaton yang menurutnya sudah sejak dulu di siapkan, sedangkan untuk api abadi yang keluar langsung dari bumi dan akan mengambil dari sumber api di Sungai gelam.

“kalau sebelum covid-19 biasanya mengambil air suci dari danau gunung tujuh kerinci untuk kali ini ada sumur di kedaton, sedang untuk api abadi yang keluar dari bumi langsung akan di ambil dari Sungai gelam,”jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar