BMKG Ingatkan Warga Waspadai Tanah Longsor di Jalut Perbukitan Kerinci-Sungai Penuh

BMKG Ingatkan KBRN, Kerinci: Badan Meteorologi  pengguna jalur transportasi darat di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh khususnya kawasan perbukitan mewaspadai ancaman tanah longsor karena saat ini potensi hujan diprediksi masih berlangsung.

"Jalur puncak arah Sungai Penuh - Tapan Sumbar dan jalur Muara Emat menuju Kabupaten Merangin berpotensi longsor saat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, sehingga perlu diwaspadai," kata Kurnia Ningsih Kepala BMKG Stasiun Depati Parbo Kerinci kepada rri.co.id, Senin (16/05/2022).

Menurutnya pada musim pancaroba ini, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang, sehingga dapat memicu tanah longsor dan banjir atau genangan. Oleh karena itu, warga yang melakukan perjalanan melalui jalur darat dan melintas di kawasan perbukitan, di sarankan sebaiknya melintas pada siang hari, sebab hujan diprediksi turun pada sore hingga malam hari.

"Tanah longsor tentu menghambat perjalanan, maka sebaiknya menghindari malam hari bepergian guna mengantisipasi kondisi yang dapat membahayakan keselamatan jiwa," ujarnya.

BMKG juga mengimbau, warga perkotaan memperhatikan kebersihan lingkungan dengan cara membersihkan saluran air dan membuang sampah pada tempatnya, sebab hal ini dapat memicu penyumbatan terhadap drainase bila tidak diperhatikan, dan kondisi terparah dapat memicu genangan. 

"Warga juga perlu memperbaharui informasi cuaca, supaya dapat memantau secara mandiri. Kami juga setiap hari menyampaikan informasi perkembangan cuaca kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar