Misi Dagang Jawa Timur Dengan Jambi Guna Tingkatkan Kerjasama

KBRN,Jambi. Dalam rangka meningkatkan kerjasama antar daerah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar misi dagang dengan pemerintah provinsi Jambi. Ditandai dengan pemukulan gong, Misi dagang Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Jambi ini dipusatkan di RCC kota Jambi, Kamis (27/1/2022).

Hadir pada kesempatan ini Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua Dekranasda provinsi Jambi Hesnidar Haris dan sejumlah OPD terkait.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan misi dagang ini diharapkan mampu memberikan dampak signifikan bagi hubungan kerjasama  antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Jambi, khususnya di bidang ekonomi. 

“Pelaksanaan Kegiatan Misi Dagang Provinsi Jawa Timur merupakan upaya fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan Provinsi Mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, perikanan, agribisnis dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi dalam rangka memenuhi substitusi impor (bahan baku) dan kebutuhan lainnya yang secara tidak langsung meningkatkan nilai perdagangan dalam negeri, “ kata Khofifah.

Menurutnya, Misi dagang Jawa Timur dengan Jambi kali ini merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan Misi Dagang yang akan dilaksanakan oleh Jawa Timur pada tahun 2022. 

Sementara itu, misi dagang ini disambut baik Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani. Disampaikan Abdullah Sani, Forum Temu bisnis kerjasama perdagangan ini menjadi bagian meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “ pihaknya berharap selain keuntungan ekonomi kedua belah pihak juga sebagai transfer pengetahuan dan ilmu khususnya pelaku usaha kedua belah pihak,” jelas Wagub.

Dalam kesempatan ini, turut pula dilakukan perjanjian kerja sama (PKS) antara OPD kedua belah pihak, meliputi: Disperindag, BKD, Dinas pertanian,Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan UMKM, DPMPTSP, BKPSDM dan IWAPI.

Dalam kegiatan tersebut setidaknya ada 145 pelaku usaha yang hadir, yakni 100 dari Jambi dan 45 dari Jawa Timur,  dengan total transaksi hingga pukul 14.35 WIB mencapai Rp.103,96 Miliar dari 35 transaksi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar