Ombudsman Jambi Soroti Kabar Puluhan Pegawai RSU MHA Thalib Dirumahkan

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi, Saiful Roswandi

KBRN, Jambi : Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jambi menyoroti kabar adanya 69 honorer dan 9 dokter yang bertugas di RSU MHA Thalib dirumahkan tanpa alasan sejak turunnya surat nomor 800/500/I/RSUD MHT/ 2022 pada tanggal 19 Januari 2022 yang berimbas terganggunya  pelayanan di rumah sakit tersebut. 

Menanggapi hal itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Saiful Roswandi mengaku menyayangkan kebijakan RSU MHA Thalib merumahkan puluhan pegawainya. Selain mengganggu pelayanan, kebijakan itu, menurutnya juga tidak sesuai dengan azas pelayanan.

Dirinya meminta agar pihak rumah sakit mengutamakan pelayanan kepada masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam mengeluarkan kebijakan. Ia menghimbau pihak rumah sakit mengkaji kembali kebijakan tersebut agar masyarakat tidak dirugikan.

“Utamakan pelayanan, jangan sampai kebijakan yang dikeluarkan mengganggu pelayanan dan merugikan masyarakat”, ujar Saiful Roswandi, Selasa (25/1/2022). Dirinya juga mempertanyakan nasib pegawai yang dirumahkan, sekaligus meminta pihak Wali Kota Sungai Penuh dan Bupati Kerinci untuk turun tangan menyelesaikannya.

“Apa alasannya mereka dirumahkan? Apa mau ada perekrutan baru atau ada alasan lain? Saya minta pihak rumah sakit segera jelaskan kepada publik. Kalau pun diberhentikan harus sesuai mekanisme”, ungkapnya. 

Ombudsman RI Perwakilan sebagai lembaga pengawas pelayanan publik akan turut andil memantau kelanjutan dari persoalan tersebut. Ombudsman mengajak masyarakat turut aktif melaporkan bila mana memang terjadi indikasi maladministrasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar