Gubernur Sebut Potensi Tanjabtim Didorong Optimal

KBRN;Jambi. Gubernur Jambi Al Haris Menekankan, dengan potensi SDA yang dimiliki Kabupaten Tanjung Jabung Timur  maka dibutuhkan Konsep pembangunan harus diarahkan pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam hal ini, penguatan SDM harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan , sebab SDM yang kuat akan mempengaruhi kemajuan suatu daerah dalam peningkatan ekonomi masyarakat, demikian ditekankannya saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2021, bertempat di Ruang Utama Sidang Dewan, Kamis (21/10/2021).

Dalam sambutannya Al Haris menyampaikan, melalui momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang ke 22 ini, pihaknya mengajak semua untuk intropeksi dan mengevaluasi perjalanan proses pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak berdiri hingga menjadi salah satu Kabupaten yang maju di Pantai Timur Provinsi Jambi. Kemajuan pembangunan yang dicapai bukan menjadikan kita puas dengan capaiannya, akan tetapi menjadi pemicu untuk mampu lebih maju. 

“ Saya melihat Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan komitmen Bupati dan Wakil Bupati serta jajarannya terus menunjukkan perubahan-perubahan yang tidak terlepas dari koordinasi dan dukungan dari Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik pandai serta kalangan masyarakat, " tambahnya.

Membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari proses yang harus dijalani secara berkesinambungan baik dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan demi terciptanya kemajuan di segala bidang kehidupan.” Ungkap Al Haris.

“ Dalam mewujudkan keberhasilan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, bukanlah hal mudah untuk kita raih. Kita harus  menyadari bahwa tantangan ke depan tidaklah ringan. Di satu sisi memiliki tugas untuk lebih meningkatkan capaian pembangunan yang bermuara pada peningkatan  pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Disisi lain kita juga harus membangun komitmen dalam mengoptimalkan kinerja tata kelola pemerintahan dan penguatan fungsi pelayanan dasar dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.” Lanjut Al Haris.

Dirinya menjelaskan, bahwa semua daerah pasti menghadapi berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan anggaran yang sangat mempengaruhi pembangunan. Namun hal ini bukan menjadi penghalang bagi semua kepala daerah dalam meningkatkan kinerja yang menghasilkan output. Dan tentunya, menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi dalam mendorong sinergisitas baik dari sisi perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan. Apalagi kita punya wakil-wakil daerah yang ada di DPR RI dan DPD RI yang terus mensupport program-program nasional untuk kemajuan Provinsi Jambi umumnya dan Kabupaten Tanjung Tabung Timur khususnya. 

“ Ditanjung Jabung Timur banyak jalan Provinsi yang harus kita perbaiki selain itu kita telah mengusulkan jembatan sungai rambut, Insya Allah tahun depan akan di mulai pengerjaannya, untuk penunjang kemajuan Pelabuhan ujung jabung .” jelas Al Haris

Lebih lanjut Al Haris juga mengemukakan, dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan sungguh tidak mudah tanpa dukungan dan sinergisitas pembangunan Kabupaten dan Kota lingkup Provinsi Jambi.” Berkenaan dengan hal tersebut, mohon dukungan semua pihak untuk dapat kita jadikan Provinsi Jambi menjadi Provinsi yang memiliki daya saing baik di Pulau Sumatera maupun secara Nasional dengan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada, dengan tetap mengedepankan prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Apalagi jika kita lihat dari posisi geostrategis wilayah, Kabupaten Tanjung Jabung Timur sangat layak dan dipersiapkan sebagai outlet ekonomi Provinsi Jambi dengan mengandalkan Pelabuhan dan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung.” Ujar Al Haris

“ Salah satu program prioritas dalam Visi Jambi MANTAP, adalah Pengembangan Kawasan Ekonomi Baru, untuk jangka menengah dan panjang, akan dikembangkan sebuah kawasan ekonomi baru “SENTUSA” (Sengeti – Tungkal – Sabak). Kita menargetkan kawasan ekonomi baru Sentusa ini bisa menjadi pemicu yang baru terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini kita dasarkan dengan potensi daerah, termasuk letak geografis, yang juga kita dorong supaya nantinya terintegrasi dengan Kawasan Industri Kemingking serta Pelabuhan dan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung. Harapan kita tentunya lompatan kemajuan perekonomian dan kemajuan wilayah.” Sambung Al Haris

Peningkatan sumber daya manusia menjadi harapan Gubernur, khususnya masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk terus mencetak generasi unggul mampu bersaing serta inovatif.” Dikawasan baru Sentusa akan kita bangun Kampus Pelayaran dan perikanan, sekarang ini tim dari Pusat sudah turun untuk penelitian di Kabupaten Mana yang pantas dan cocok untuk dibangun sekolah tersebut dengan tujuan sebagai peningkatan SDM diwilayah Sentusa yang menjadi Kawasan industri guna peningkatan pendapatan masyarakat juga akan berimbas pada perekonomian provinsi Jambi,” harap Al Haris.

“ Dalam kesempatan ini, saya menginformasikan bahwa salah satu prioritas program difokuskan pada upaya Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah melalui Program DUMISAKE dengan fokus kegiatan meliputi: Bantuan Pendidikan Dan Beasiswa bagi Keluarga Miskin, Dosen dan PNS; Bantuan Modal Kerja bagi UMKM/Industri Rumah Tangga; Bantuan Honorarium bagi Pegawai Syara’, Guru Ngaji Dan Madrasah Diniyah Takmiliyah serta Pondok Pesantren; Fasilitasi Kualitas dan Mutu Pendidikan Pesantren; Satu Desa Satu Hafizd Qur’an; Honorarium Da’i Kecamatan; Umroh bagi Guru Mengaji Berprestasi;  Bantuan bagi Kaum Perempuan, Fakir Miskin, Anak Terlantar, Lansia, Penyandang Disabilitas, dan Kelompok Rentan Lainnya; dan juga memperkuat era digitalisasi melalui E-learning dan E-Bisnis Dengan Memperbanyak Akses Internet bagi Desa/Kelurahan; serta beberapa kegiatan lainnya yang tertuang dalam RPJMD Provinsi Jambi.” Sambung Al Haris

Sebelumya Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto mengajak semua yang hadir untuk bersyukur kepada Allah SWT atas perkenan-Nya, sebelumnya aktivitas perekonomian Bangsa dan juga Kabupaten Tanjung Jabung Timur cukup terganggu akibat kondisi Pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, akhir-akhir ini terus menunjukkan tren penurunan penyebaran covid-19. Khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kondisi pandemi telah menunjukkan tren penurunan, sehingga kita berangsur-angsur telah memulai kembali aktivitas, tapi telah dilaksanakan pertemuan tatap muka. Semua harus tetap konsisten untuk melaksanakan upaya-upaya mitigasi melalui percepatan pelaksanaan vaksinasi, tracing dan testing, serta yang tak kalah pentingnya tetap waspada dan selalu disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya.

“ Atas nama Pemerintah Daerah Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak  Gubernur Provinsi Jambi serta seluruh aparat baik Polri dan TNI, ASN serta masyarakat yang telah berkerja sama dalam penaganan Covid-19 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mulai dari  bansos sampai vaksinisasi yang berjalan sebagai mana mestinya,” ujar Romi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00