Di Jambi sekitnya per September 2021 terdapat 5 kasus berita hoaks.

KBRN, Jambi : Di Provinsi Jambi, kerap beredar berita hoaks di tengah masyarakat. Menurut data Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), setidaknya ada lima kasus berita hoaks tahun ini, Disampaikan Reni Apria Ningsih, Kasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi,berita yang sering beredar bukanlah berita biasa, melainkan sering membawa-bawa nama tokoh masyarakat maupun pejabat daerah.

"Kalau Jambi pada tahun 2021 ini ada 5 berita hoaks, di mana pada Januari dari data yang kita rangkum ada 2, Februari 1, April 1, September 1, jadi ada total 5 kasus," ucap Reni Apria Ningsih.Jum’at15/10/2021.

Dijelaskan Terkait hal ini, berita hoaks biasanya muncul akibat oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan tujuan untuk menjatuhkan orang lain, membuat masyarakat tidak tenang dan kemudian ingin menarik perhatian, berita hoaks umumnya tersebar melalui media sosial yang di teruskan dari individu ke individu seperti, media Whatsapp, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Munculnya berita tersebut dengan tujuan pelaku "Ingin membuat kerusuhan, dan mencari pamor," tegasnya. Untuk itu dirinya berharap agar masyarakat dapat bijak dalam memilah informasi yang beredar. Masyarakat harus cerdas, dan tidak menerima berita yang beredar begitu saja, sementara dalam upaya yang dilakukan untuk menindak lanjuti para pelaku,  bisa dengan cara melaporkan ke pihak berwenang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00