Pemkot Minta Lembaga Kerapatan Adat Menjadi Mitra Pemerintah Dalam Membangun

KBRN, Sungai Penuh: Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Bimbingan Teknis Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Tingkat Kota Sungai Penuh, Kamis (14/10/2021). 

Acara yang dilaksanakan di aula Hotel Matahari menghadirkan Narasumber dari  Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi, DR. HR. Sohar, yang diikuti seluruh Lembaga Adat dalam Kota Sungai Penuh. 

Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni (Antos) saat membuka acara tersebut mengatakan, Kerapatan Adat mempunyai sejarah dalam membentuk wajah Kota Sungai Penuh, kewenangannya sangat besar yang dimiliki Kerapatan Adat. Hal tersebut memang terasa simbolik, fungsi dan peran itu semakin terkikis oleh dengan kemajuan zaman dan teknologi. 

"Karena itu, fungsi dan kewenangan Kerapatan Adat perlu direvitalisasi untuk kemajuan Kota Sungai Penuh yang tetap berbudaya," Pinta Wawako Antos.

Selain itu, Lembaga Adat menempati posisi strategis dalam memperhatikan nilai Adat dan Budaya dalam kehidupan masyarakat terutama anak kemanakan. 

"Kita berharap Lembaga Kerapatan Adat dapat menjalankan tugas dan fungsinya ditengah masyarakat dengan baik, dengan memelihara Adat istiadat serta menjadi mitra bagi pemerintah dalam pembangunan," tutup Antos.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00