Diperkirakan APBD Jambi 2022 alami penurunan hingga Rp 500 M.

KBRN, Jambi : Tahun 2022 mendatang, Pemprov Jambi harus benar-benar pandai mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Khususnya untuk pembangunan daerah di Provinsi Jambi. Pasalnya, tahun depan APBD Pemprov Jambi turun sekitar Rp 500 miliar. Sudirman, Sekda Provinsi Jambi, mengatakan anggaran dipotong pusat langsung untuk APBD Pemprov Jambi saat ini diperkirakan mencapai Rp 4,2 triliun, sementara untuk tahun 2020 lalu mencapai Rp 4,7 triliun. karena ini menurutnya cukup banyak dari Dana Alokasi Khusus (DAK), kemudian Dana Alokasi Umum (DAU) yang tak tersalurkan ke Pemprov Jambi.

 “Ini karena regulasi dari pemerintah pusat, dari dana DAK dan DAU yang dipotong secara langsung”, kata Sudirman.14/10/20221.

Dan terkait hal ini, yang memungkinkan APBD 2022 Pemprov Jambi dikurangi karena memang ada kebijakan pusat, bukan berarti dikurangi karena kurangnya serapan anggaran yang ada di Pemprov Jambi. Untuk secara pastinya  belum tahu nanti akan digodok terlebih dahulu, untuk dibahas dalam APBD Murni di tahun mendatang. Sementara itu, Kabid Keuangan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Harsa Wardana mengatakan, ini sudah kebijakan pemerintah pusat. “Bisa jadi penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) juga turun,” Untuk lebih lanjut dirinya belum bisa mengatakan secara lansung rincian anggaran yang dipangkas tersebut.

“Kita belum tahu, karena kan nanti ada anggaran yang diperuntukkan untuk belanja lainnya, nanti bakal dibahas juga,”tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00