Al Haris Temui Menteri Perhubungan Bahas Ujung Jabung dan Jalur Kereta

KBRN;Jambi. Gubernur Jambi Al Haris Bersama Anggota DPR RI Komisi V H Bakrie dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Vahrial Adhi, melakukan kunjungan ke Kementrian Perhubungan RI yang langsung diterima oleh Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Rabu (14/9/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Al Haris menyampaikan beberapa langkah strategis dalam percepatan pembangunan infrastruktur perhubungan dan sarana pendukung di Provinsi Jambi guna mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Jambi, melalui kemudahan akses transportasi darat, udara dan laut.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan kepada Menhub agar pelabuhan Ujung Jabung yang sekarang setatusnya pelabuhan pengumpul ditingkatkan menjadi pelabuhan utama.

"Pelabuhan ujung jabung kita minta kepada Bapak Menteri agar setatusnya ditingkatkan lagi dari pelabuhan pengumpul menjadi pelabuhan utama, sehingga nantinya pelabuhan Ujung Jabung bisa melayani angkutan laut dan  alih muat internasional dalam jumlah besar. tentunya secara otomatis jika ini terlaksana, perekonomian jambi akan pesat majunya. "Jelasnya. 

Pihaknya memaparkan dan meminta penambahan beberapa dermaga laut untuk menunjang transportasi laut bagi daerah perairan Provinsi Jambi serta Bantuan armada bus.

"Bukan hanya Pelabuhan Ujung Jabung saja, untuk menunjang transportasi laut lainnya kita meminta penambahan dermaga di pelabuhan Roro Tanjung Jabung Barat, pengembangan pelabuhan Muara Sabak, Nipah Panjang, Mendahara dan Tungkal. Serta meminta bantuan transportasi publik berupa armada bus" Lugas Al Haris.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan jalur kereta api, pihaknya juga berhatap agar angkutan batu bara di Jambi agar bisa masuk ke dalam rencana strategis nasional serta pembangunan transportasi udara.

"kita ingin ada jalur kereta api Sumatera dari jalur Sarolangun, Bungo sampai ke Talang Duku, untuk mengangkut batu bara. sehingga dengan adanya jalur kereta api, tidak mengganggu lagi pengendara jalur kendaraan darat dan Peningkatan pengembangan Bandara Sultan Thaha kita berharap dapat terus berlanjut, sehingga nantinya menjadi Bandara Internasional, begitu juga dengan Bandara Muara Bungo dan Bandara Depati Parbo Kerinci" tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00