Program Langit Biru Pertamina Hadir di 30 Kab/Kota Sumbagsel

Salah satu SPBU di Sumbagsel

KBRN, Jambi : Setelah sukses dilaksanakan di beberapa kota antara lain Kota Palembang, Bandar Lampung, Kota Jambi dan Pangkalpinang, PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial dan Trading siap melaksanan Program Langit Biru (PLB) di 30 Kota dan Kabupaten yang wilayahnya meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Pangkalpinang yang rencananya secara serentak dimulai 12 September 2021 hingga 16 Oktober 2021.

Program Langit Biru (PLB) merupakan Program Pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang melalui edukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Langit yang biru dengan kualitas udara yang bersih merupakan keinginan setiap warga negara khususnya di daerah perkotaan.

PLB sebelumnya tengah sukses dikarenakan mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder terkait, antara lain Pemerintah Daerah, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pengusaha SPBU serta telah mendapatkan dukungan dari masyarakat pengguna BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Implementasi dari PLB kali ini yaitu dengan  memberikan pengalaman baru bagi konsumen untuk menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90) dengan harga discount sebesar Rp1.000 per liter bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga, ambulance plat merah dan taksi serta kendaraan umum plat kuning.

Saat ini, terdapat 97 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Provinsi Lampung, 31 SPBU di Provinsi Sumatera Selatan, 19 SPBU di Bangka Belitung dan 31 SPBU di Provinsi Jambi siap melaksanakan PLB.

Dijelaskan Pjs. Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Agustina Mandayati, Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memastikan ketersediaan energi bagi seluruh masyarakat. Pertamina Patra Niaga juga menghimbau agar masyarakat menggunakan produk BBM berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series.

"Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan sangat tinggi hingga membantu suksesnya PLB yang dilaksanakan sebelumnya," ungkap Agustina, Sabtu (11/9/2021).

Sesuai Peraturan Menteri KLHK No.20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (minimal RON 91), untuk itu Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan Research Octan Number (RON) lebih tinggi. Selain meningkatkan kualitas udara bersih dengan mengurangi emisi gas buang, penggunaan BBM dengan RON yang tinggi dapat meningkatkan kinerja mesin kendaraan dan tingkat polusi semakin rendah.

Seluruh Walikota dan Bupati di Sumbagsel yang belum melaksanakan PLB sudah siap melaksanakan program ini untuk kualitas udara  dan lingkungan yang lebih baik dan bahkan akan turut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00