BMKG : Waspadai Potensi Karhutla Pada Puncak Musim Kemarau 2021

KBRN,Sungai Penuh: Musim kemarau di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh sudah terjadi sejak juni lalu dan diperkirakan akan berlangsung hingga oktober 2021 mendatang.

“Puncak musim kemarau ini akan terjadi pada periode agustus dan September mendatang, untuk itu masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana yang kemungkinan terjadi akibat musim kemarau, seperti terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta bencana kekeringan akibat berkurangnya curah hujan,” Ungkap Kepala MBKG Stasiun Depati Parbo Kerinci Kurnia Ningsih Kepada rri.co.id, Kamis (22/07/2021). 

Kurnia Ningsih menjelaskan, pada musim kemarau ini hujan masih akan tetap terjadi di wilayah Kabupaten kerinci dan Kota Sungai Penuh, akan tetapi hujan yang turun berada pada intensitas ringan dengan frekuensi yang cukup jarang.

“Selama musim kemarau, pada umumnya cakupan awan atau perawanan lebih berkurang jika dibandingkan pada saat musim penghujan, sehingga hal ini mengakibatkan suhu udara pada pagi dan malam hari cukup dingin, sedangkan pada siang hari cuaca terasa lebih panas,” pungkasnya.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00