Dampak Pandemi Covid 19, Pemohon Paspor di Kanim Jambi Merosot

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi

KBRN, Jambi : Pandemi Covid yang berlangsung lebih dari setahun terakhir ini turut berimbas terhadap pengajuan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jambi yang merosot tajam.  Kasi Lalulintas Keimigrasian Jamim Kelas I TPI Jambi, Hidayat mengatakan, jika sebelum Pandemi Covid 19 jumlah pemohon paspor setiap harinya mencapai sekitar 100 pemohon, saat ini jumlah pemohon setiap harinya paling banyak hanya 20 pemohon.

Menurutnya, penurunan tersebut terjadi karena adanya pembatasan-pembatasan, termasuk sempat ditutupnya keran umroh oleh Pemerintah Arab Saudi untuk mencegah penyebaran virus Covid 19.  Sementara pengajuan apspor di Kanim Jambi selama ini sebagian besar untuk keperluan umroh. “Di Imigrasi Jambi ini kan sebagian besar pemohon memang mengajukan paspor untuk tujuan ibadah Umroh. Jadi begitu tempat tujuan Umroh memberlakukan pembatasan, itu berpengaruh terhadap pemohon. Jadi kalau sebelum Pandemi sehari rata-rata pemohon paspor bisa sampai 75 hingga 100 pemohon, kalau sekarang sehari paling banyak 20,”ujar Hidayat (9/6/2021).

Ditambahkannya, saat menjelang dimulainya tahun ajaran baru saat ini,  jumlah pemohon paspor sedikit mengalami peningkatan karena banyaknya masyarakat yang mengurus paspor untuk keperluan melanjutkan pemdidikan di laur negeri. Pihak Imigrasi sendiri berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui berbagai inovasi layanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00