Jelang Larangan Mudik, Pergerakan Penumpang di Bandara Sultan Thaha Normal

Situasi di Bandara Sultan Thaha, Jambi

KBRN, Jambi : Pergerakan penumpang di Bandara Sultan Thaha masih dalam kondisi normal menjelang dimulainya kebijakan larangan mudik yang akan berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.  Eksekutif General Manajer Bandara Sultan Thaha, Indra Gunawan menyebutkan, tingkat keterisian  pesawat masih normal di angka 50 sampai 70 persen di setiap penerbangan, serta tidak ada peningkatan yang signifikan. “Kalau menjelang tanggal 6 , kalau kita lihat di lapangan masih normal.  Tingkat isian masih dia angka 50 hingga 70 persen. Jadi kalau dibandingkan dengan kondisi sebelum Ramadhan masih normal, tidak ada peningkatan signifikan,” ujar EGM Bandara Sultan Thaha, Indra Gunawan, Rabu (5/5/2021).

Dalam tujuh hari terakhir, jumlah penumpang datang dan pergi rata-rata sebanyak 1.400 orang per hari sebelum pengetatan mudik lebaran.Jumlah ini hampir sama dnegan jumlah penumpang harian sebelum Ramadhan. Indra mengakui, selama Ramadhan jumlah penumpang di bandara mengalami penurunan.

Sementara terkait larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei, pengelola bandara siap mendukung kebijakan tersebut demi mencegah penyebaran COVID-19. Jam operasional bandara akan dikurangi selama masa peniadaan mudik. Angkasapura II juga akan memfasilitasi adanya Posko Monitoring  dan Pemeriksaan di bandara untuk melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan perjalanan bagi yang ingin melakukan perjalanan pada masa peniadaan mudik 6 hingga  17 Mei 2021. Sesuai ketentuan, yang boleh melakukan perjalanan dengan pesawat pada periode itu adalah pelaku perjalanan dengan tujuan khusus seperti misalnya kedinasan, mengunjungi keluarga yang sakit atau tengah berduka, ibu hamil untuk kepentingan persalinan, dan kepentingan non-mudik lainnya yang dilengkapi dengan surat dari kelurahan.

Di bandara Sultan Thaha juga diaktifkan Posko Monitoring Data untuk mencatat data lalu lintas penumpang, pesawat dan kargo, sehingga stakeholder dapat selalu melakukan prediksi serta bersiaga untuk memastikan seluruh operasional berjalan lancar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00