Ibadah Haji itu Panggilan Alloh

KBRN, Jambi; Ibadah haji hukumnya adalah fardhu 'ain, sehingga setiap muslim wajib untuk melaksanakannya sebanyak satu kali seumur hidup. Kewajiban berhaji sudah disebutkan di dalam hadist, Al Qur'an dan ijma' kesepakatan ulama. 

"Ibadah haji menuju Ka'bah dengan berbagai kegiatan ihram, wukuf, tawaf dan sa'i  barulah tahallul. Haji adalah panggilan Alloh. Bukan hanya kemampuan finansial dan kesehatan. Tapi jika waktu atau kuota tidak ada tidak bisa. Jika tidak ada izin dari Alloh juga tidak bisa sampai di tanah suci untuk berhaji." Ujar Ustadz H. Ady Sumarno saat mengisi acara dialog religi pagi Kamis (7/7/2022) di program satu RRI Jambi. 

Haji merupakan ibadah penyempurna. Setiap muslim berupaya untuk bisa menunaikannya. "46 haji furoda yang sudah membayar mahal sampai 300 juta tapi karena satu dan lain halnya tidak bisa berhaji. Untuk berhaji reguler daftar tunggunya hingga 30 tahun, daftar tunggu haji plus 9 tahun. Haji furoda undangan dari pemerintah Arab Saudi yang dilindungi dengan undang-undang tapi tetap difasilitasi oleh pemerintah dan travel haji resmi yang memiliki hubungan dengan pemerintah Arab Saudi." Tambahnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar