Dosen PIAUD Kejar Target Kumpulkan Nilai Mahasiswa Jelang Kelulusan

KBRN,Jambi : Setiap perkuliahan yang dilalui tentu akan ada evaluasi terhadap   tingkat keberhasilan mahasiswa melalui beberapa perangkat penilaian yang harus dilakukan oleh dosen. 8 Juli 2022 esok merupakan batas yang ditentukan oleh akademik dalam pengumpulan nilai oleh dosen, hal ini pulalah membuat para dosen bergegas menunaikan kewajibannya dan mahasiswa pastinya dengan deg dengan menunggu hasil yang diberikan, apakah mereka pantas untuk lulus atau sebaliknya karena bagaimanapun hasil yang diperoleh akan menentukan Indeks Prestasi mereka sendiri, sekiranya mereka gagal tentu pula ada konsekuensinya, apakah mereka akan mengulangi kuliah yang sama di semester berikutnya sesuai dengan mata kuliah yang sama atau mereka bisa mengambil semester pendek yang ini biasanya dilaksanakan pada saat liburan semester. 

Nilai dari sang algojo (dosen) sangat dinanti sekaligus ditunggu khabar baiknya, bagi mereka yang sangat fokus, gigih dan penuh kesabaran selama perkuliahan, kegagalan menjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan merupakan hal yang sedikit banyak membuat mereka terguncang atau terpukul. Namun, disisi lain, mahasiswa yang kuliahnya asal-asalan, malas untuk masuk kelas, punya kesibukan lain yang versi mereka terkadang lebih penting dari pada kuliah dan anehnya lagi mereka pun berharap dengan kelulusannya bahkan mengharap pula nilai yang tinggi dari sang dosen. kemarin tampak kesibukan yang luar biasa dari para dosen terutama di PRODI PIAUD FTK UIN Jambi, dimana para dosen melalui aplikasi yang telah disiapkan baik itu sisfo maupun siakad sedang bergumul dengan entri nilai yang akan dikeluarkan.

Ridwan, ketua PRODI PIAUD ketika dikonfirmasi membenarkan kalau dosen sedang menginput nilai, sebagian besar para dosen PIAUD menyiapkan nilai dari rumah masing-masing.

Ditambahkan Ridwan, beberapa dosen yang berkumpul mengecek tugas dari para mahasiswanya dan termasuk dari kehadiran serta keaktifan mahasiswa karena disamping nilai Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester kesemuanya merupakan paket yang harus dinilai sehingga nantinya akan didapat nilai akhir dari mahasiswa.

Didampingi sekretaris PRODI PIAUD, Amirul Mukminin, kembali Ridwan menegaskan dan mengingatkan para dosen agar sesegera mungkin mengumpulkan dan mengentri nilai para mahasiswa yang mereka ajarkan karena ini merupakan hak nya mahasiswa untuk mengetahui hasil perjuangan mereka selama kuliah,  tapi Ridwan juga menegaskan kalau terkadang nilai tak kunjung keluar bisa jadi disebabkan oleh mahasiswa yang lambat mengumpulkan tugas,  apalagi ya kalau dosennya berbaik hati menunggu tugas yang terkadang tak kunjung dikerjakan oleh mahasiswa.

"nilai sesungguhnya hak preogratif sang dosen sehingga apapun hasil akhirnya meskinya diterima oleh semua pihak. Seandainya ada kekeliruan, maka akan ada tengang waktu untuk perbaikan" tutup Ridwan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar