Tari Rangguk Media Menyiarkan Agama Islam

KBRN,Jambi : Tari rangguk Kerinci merupakan sebuah media yang di gunakan untuk dakwah dalam menyiarkan agama islam. Tari rangguk merupakan perpaduan antara gerak dan pantun yang di nyanyikam, serta menceritakan tentang kehidupan sosial masyarakat yang berkaitan erat dengan penyiaran agama islam.

Tari rangguk di tetapkan oleh Direktorat  Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai warisan budaya takbenda Indonesia Tahun 2018 dengan domain budaya seni pertunjukan. Tari rangguk saat ini masih populer dan ditarikan oleh masyarakat baik itu pada acara adat, penyambutan tamu, dan event kebudayaan.

Dalam perkembangannya, gerakan Tari Rangguk disesuaikan dengan suasana dan tempat tari tersebut ditampilkan. Jika tari dibawakan untuk hiburan, para pemainnya menabuh rebana dan mengangguk sambil duduk melingkar. Namun, apabila tari dipertunjukkan untuk menyambut tamu, tarian dilakukan dengan posisi berdiri berbaris rapi sambil memukul rebana, sementara kepala mengangguk-angguk kepada tamu sebagai simbol ucapan selamat datang. Selain sebagai hiburan dan menyambut tamu, Tari Rangguk juga ditampilkan pada pesta adat masyarakat Kerinci seperti pada acara pengangkatan atau pemberian gelar adat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar