Peran Aktif Suami di Rumah Pasca Istri Melahirkan

KBRN, Jambi; DPR RI sudah menyetujui Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) sebagai inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis 30 Juni 2022.

Dalam RUU KIA, DPR akan memperjuangkan hak bagi para ibu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan saat kehamilan, perlakuan dan fasilitas khusus serta dan prasarana umum. 

Yang diperjuangkan juga adalah cuti melahirkan selama 6 bulan bagi ibu pekerja dan cuti 40 hari bagi suami pasca istrinya melahirkan agar anak memiliki tumbuh kembang yang baik. 

"Itu pastinya sangat baik untuk ketahanan keluarga, dengan catatan ada peran aktif dari suami atau ayah. Bagaimana laki-laki tidak segan untuk melakukan pekerjaan seperti menyapu, mencuci pakaian atau mencuci piring bahkan memasak. Karena dimasyarakat kita masih ada pelabelan bahwa itu pekerjaan istri dan suami tidak pantas melakukannya, " Ujar Ir. Anti Yosefa, anggota DPRD Kota Jambi dalam acara pengarusutamaan gender Jum'at (1/7/2022) di programa satu RRI Jambi. 

"Nabi Muhammad SAW menjadi teladan bagi kita umat muslim. Beliau tidak segan membantu para istrinya dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Ini jugalah yang membuat rumah tangga beliau harmonis," Ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar