Lima Film Neo-Noir Yang Harus Kalian Tonton

KBRN, Jambi : Mulai dari film aksi kriminal, hingga kisah yang fokus pada perkembangan karakter anti-hero, film neo-noir merupakan jenis film dengan ciri khas tertentu, namun masih sulit untuk didefinisikan sebagai satu genre yang pasti.

Pasti sebagian dari kamu masih bingung apa itu film Neo-Noir. Membahas soal ini, tidak  bisa tanpa membahas Noir. Noir berasal dari bahasa Perancis yang berarti ‘gelap’. Film Noir ini dipake buat melabeli film yang mengandung kriminal dari tahun 30 sampai 40-an.

Sementara Neo-Noir sendiri muncul era 50-an sampai sekarang. Film Neo-Nor atau film noir modern ini menggabungkan teknik sinematik dari film-film lawas dan mengemasnya kembali jadi film yang lebih menarik dan modern.

Neo-Noir sudah muncul sejak lama, namun istilah ini masih asing bagi orang awam. Dari laman haionline lima film Neo-Noir yang harus kalian tonton yang suka film bioskop:

1. Pulp Fiction (1994)

Disutradarai Quentin Tarantino, film ini dibintangi John Travolta, Uma Thurman, Samuel L. Jackson. Pulp Fiction merupakan wujud sempurna dari budaya pop kita sendiri, tentang kekerasan yang glamor, plot yang berliku-liku, dialog yang mudah diingat, kiasan film favorit semua orang,tentu saja gadis-gadis cantik membuat film ini lebih dari sekadar ikon.

2. The Dark Knight (2008)

Film garapan Christoper Nolan ini merupakan film Neo-Noir dengan kemasan film superhero. Dikisahkan kalau si Batman dan perjuangan mulianya buat menciptakan kedamaian penduduk kota Gotham. Dalam film ini, musuh bebuyutannya, Joker, dan akting Heath Ledger bikin ikon penjahat ini makin mutlak. The Dark Knight bukanlah film superhero murahan biasa karena penuh dengan topik berat seperti dualitas pahlawan dan komentar sosial yang gamblang. Kalo harus memilih satu film Batman untuk ditonton berulang-ulang, The Dark Knight jawabannya.

3. Taxi Driver (1976)

Film Neo-Noir satu ini berlatar di Kota New York yang sedang bangkrut secara moral setelah Perang Vietnam. Aktor protagonis di film ini yakni seorang sopir taksi sekaligus seorang veteran bernama Travis Bickle. Ia melihat kota ini membusuk setiap ia shift malam. Taxi Driver adalah film yang harus ditonton oleh setiap pencinta film bioskop, mau apa pun genre yang mereka sukai.

4. Blue Velvet (1986)

Blue Velvet adalah film thriller misteri Neo-Noir yang berisi perpaduan sempurna antara horor psikologis dan film noir. Buat mencoba dan menjelaskan kalau Lynch bakal jadi copywriter bunuh diri yang udah pasti, tetapi kalau kamu merasa puas sama hal yang biasa-biasa saja di plot Blue Velvet ini, maka kamu harus liat, di film ini ada seorang pria yang menemukan telinga yang terputus di pinggiran kotanya. Menjadi anak laki-laki yang didorong oleh petualangan, dia mulai mencari tahu itu telinga siapa, dan tentu saja, ini membawanya kepada tempat masyarakat yang kumuh. Blue Velvet karya Lynch ini benar-benar jauh lebih kompleks dan simbolis.

5. Drive (2011)

Dibintangi Ryan Gosling, Carey Mulligan, dan Bryan Cranston, Drive merupakan film drama aksi yang sebenarnya adalah contoh genre Neo-Noir yang sangat bagus.

Diadaptasi dari novel James Sallis dengan judul yang sama, Drive mengisahkan seorang stuntman dan mekanik Hollywood misterius yang juga seorang getaway driver. Beberapa kritikus bahkan menyebut Drive sebagai film action arthouse dengan dipenuhi visual yang mengesankan, nada melankolis, dan dihiasi dengan akting yang terbaik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar