Jelajah Kearifan Lokal di Desa Wisata Saung Ciburial Garut

Sambutan hangat dari anak-anak di Desa Wisata Saung Ciburial untuk wisatawan
Belajar batik garutan di Desa Wisaga Saung Ciburial Garut

KBRN, Jakarta: Salah satu desa wisata terbaik di Garut bisa jadi alternatif liburan meski di masa pandemi saat ini adalah Desa Wisata Saung Ciburial.

Jangan dibayangkan liburan disana hanya menginap menghabiskan waktu santai saja. Desa ini menawarkan akfitas bersumber dari kearifan desa wisata Saung Ciburial.

Desa wisata ini mulai dirintis tahun  2010 atas usul  Kepala Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang, Oban Subana.

Berawal dari ide meningkat penghasilan dari luar desa untuk masyarakat Ciburial, akhirnya desa wisata  yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Sukalaksana berkembang menjadi desa wisata terbaik di Garut.

Memasuki wilayah ini, biasanya disambut dengan atraksi Kaulinan Barudak Lembur. Atraksi ini biasa ditampilkan dalam bentuk permainan bersama anak-anak tempo dulu, penonton atau tamu diajak ikut bergabung.

Hadian Hendracahya, Manajer Desa Wisata Ciburial  mengatakan untuk grup wisatawan disediakan juga area camping, selain penginapan 15 saung kamar.

“Bila tidak memungkinkan menampung wisatawan atau ingin menginap di rumah penduduk disiapkan homestay, 70 rumah yang siap  diisi wisatawan,” kata Hadian pada Kamis (29/10).

Aktivitas lain yang menguji adrenalin juga disiapkan antara lain  papalidan atau river tubing, ngagogo nangkap ikan di kolam.

Sedangkan untuk edukasi disiapkan program belajar menanam sawi, mengolah sawah, memandikan dan mencukur domba Garut, membuat batik tulis garutan, dan mempelajari proses pembuatan teh kewer. Teh Kewer merupakan ciri khas di desa wisata Ciburial. Teh ini berasal  dari tanaman kewer yang rasanya khas, disebut teh rasa kopi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00