Theodora Rosa Santoso, Pendekar Kungfu Putri Solo Pencetak Hattrick

KBRN, Jakarta : Atlet wushu putri dari Sasana Wushu PMS Solo,  Theodora Rosa Santoso membuat kejutan pada Virtual Wushu Championships 2020. Sampai hari keenam, Jumat (16/10/2020), gadis kelahiran Surakarta, 15 April 2005 ini tercatat sebagai satu-satunya atlet wushu yang mencetak hattrick dengan meraih tiga medali emas pada event virtual pertama wushu yang memperebutkan Piala Airlangga Hartarto. 

Tidak hanya itu, pendekar kungfu putri Solo ini juga tercatat sebagai satu-satunya dari 43 atlet wushu Sasana Wushu PMS Solo. 

"Sampai saat ini, Theodora Rosa Santoso memang tercatat sebagai satu-satunya atlet wushu yang mencetak hattrick dengan meraih 3 medali emas dan dia juga sebagai penyumbang 3 medali emas yang diraih Sasana Wushu PMS Solo di Virtual Wushu Championships 2020," kata pelatih Sasana Wushu PMS Solo, Marten Pratama. 

Rosa panggilan akrab Theodora Rosa Santoso memang sangat mahir memainkan jurus tangan kosong, senjata toya maupun golok. Makanya, putri bungsu dari tiga bersaudara ini mampu meraih tiga medali emas dari nomor Nan Quan (tangan kosong selatan), Nan Gun (Toya Selatan), dan Na Dao (Golok Selatan) Junior A Putri. 

"Saya bersyukur karena untuk pertandingan kali ini, saya bisa berhasil mendapatkan 3 medali emas. Ini semua berkat latihan serius dan dukungan dari pelatih serta teman-teman. Ke depan, saya akan berusaha tampil lebih baik lagi untuk bisa meraih prestasi di berbagai kejuaraan," kata pelajar SMA Negeri 3 Surakarta ini.

Gadis tomboy ini mengaku pertama kali menekuni olahraga beladiri wushu saat masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar. Berkat keseriusan dan dukungan kedua orang tua, Rosa telah mencatat berbagai prestasi pada beberapa event tingkat nasional. 

"Saya senang olajhraga beladiri wushu karena unik," kata Rosa yang berambisi menjadi atlet wushu nasional agar bisa membawa nama harum bangsa dan negara.

Bio DataNama : Theodora Rosa SantosoPanggilan : Rosa Lahir : Surakarta, 15 April 2005Pendidikan: Kelas 10 SMA Negeri 3 Surakarta Sasana : Wushu PMS SoloPelatih : Marten Pratama dan MurdiatiPrestasi : 2020 - Virtual Wushu Championships 2020 '- Emas Nan Quan Junior A - Emas Nan Gun Junior A - Emas Na Dao Junior A2019 - Kejurnas Wushu Piala Rektor Unnes IV- Perunggu Nanquan Junior B- Perak Nangun Junior B- Perak Nandao Junior B2019 - 1st Bali International Kungfu Championships :- Emas Traditional Ling Weapons B- Emas Empty Hands Traditional Southern Style B2019 - Kejurnas Wushu Junior dan Senior 2019 Piala Bergilir Presiden- Perunggu Nanquan junior B2018 - Kejuarnas Wushu Piala Rektor Unnes III :- Emas Nandao Junior B- Emas Nangun Junior B- Emas Nanquan junior B.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00