'Cibuntu' Kuningan, Ada Kampung Kambing jadi tempat wisata

Desa Wisata Cibuntu yang sudah difasilitasi dengan Homestay dan Camping Site. foto: forwaparekraf
Warga Desa Wisata Cibuntu. foto: forwaparekraf
Desa Wisata Cibuntu di Kuningan, Jawa Barat. foto: forwaparekraf
Desa Wisata berbasis komunitas terbaik.
Banyak pelancong dari Jepang dan Australia yang datang. foto: forwaparekraf

KBRN, Kuningan: Di Desa Wisata Cibuntu di Kuningan, Jawa Barat ada Kampung Kambing menjadi lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebelum pandemi Covid 19  banyak pelancong dari Jepang dan Australia yang datang, seperti dikatakan Kepala Desa Wisata, H. Awam.

Sejumlah wartawan yang mengikuti "Forwaparekraf Press Tour dan Seri Diskusi Kuningan-Cirebon-Bandung 2020" dihari kedua ini nampak menikmati tarian selamat datang yang ditarikan oleh tim kesenian kelompok sadar wisata desa Cibuntu pada Sabtu (29/8/2020).

Para jurnalis anggota Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) itu ada yang masuk ke pemukiman ataupun berfoto dengan latar belakang Desa Wisata Cibuntu,  Kuningan yang merupakan salah satu Desa Wisata berbasis komunitas terbaik di Indonesia.

Desa Wisata Cibuntu yang sudah difasilitasi dengan Homestay dan Camping Site sehingga sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga atau korporasi.

Dalam penjelasannya Kepala Desa Wisata, H. Awam menyebutkan bahwa kawasan ini sangat dijaga baik kelestarian dan tetap dikelola oleh pihak lokal secara tradisional.

Pihaknya juga terus membina dan berkomitmen menjaga keberadaan Desa Wisata Cibuntu dan menjaga Sapta Pesona sebagai acuan mengelola keberlangsungan Desa Wisata ini.

Menurut H. Awam "ada  60 rumah penduduk yang dijadikan home stay dengan suguhan kuliner ala rumahan dibawah lereng gunung Ciremai".

Kampung Kambing dengan ribuan ternak kambing menjadi daya tarik tersendiri sebab ditata indah berdampingan hamparan sawah dan kebun.

Ada juga kegiatan wisata seperti berenang, berkemah dan mengunjungi air terjun gongsen dan mata air yang bisa diminum langsung untuk menghilangkan dahaga.

Lokasi desa wisata Cibuntu berdekatan dengan hutan Pinus yang merupakan kawasan hutan gunung Ciremai.

  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00