5 Cara Obati Tipes pada Anak di Rumah

Ilustrasi anak yang sedang sakit tipes.

KBRN, Jakarta : Orang tua tentu akan merasa khawatir apabila buah hatinya terkena tipes. Tipes merupakan penyakit menular yang menyerang sistem di dalam jaringan dan organ, kelenjar limfe saluran pencernaan, dan kandung empedu.

Dalam dunia Kesehatan, tipes dikenal juga dengan demam tifoid. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri Salmonella Typhi. Berikut beberapa cara mengobati tipes pada anak yang bisa diupayakan para orangtua, antara lain:

1. Memberi Obat yang Tepat

Berikan obat antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat tersebut sesuai kuman penyebab penyakit, kondisi kesehatan pasien, usia, dan pertimbangan medis lainnya. Pastikan untuk menyesuaikan takaran atau dosis pemberian obat sesuai dengan anjuran dokter.

2. Turunkan Demam dengan Obat dan Kompres Hangat

Ketika suhu tubuh buah hati naik di atas angka normal, orang tua dapat memberi obat penurun panas. Selain itu, berikan kompres hangat di lipatan ketiak dan pangkal paha anak selama 15 menit.

3. Perbanyak Minum

Selama tipes, nafsu makan dan minum anak tentu akan turun secara signifikan. Namun, jangan lupa untuk tetap memberi minum sesering mungkin agar anak tidak dehidrasi. Selain air putih, orang tua juga dapat memberi minuman kesukaan anak, seperti susu, jus dan lain sebagainya.

4. Makanan yang Mudah Dicerna

Pastikan anak diberi makanan yang mudah dicerna dan terjamis kubersihannya. Selain itu, pastikan pula makanan tersebut memiliki kematangan yang sempurna.

5. Banyak Istirahat

Untuk menunjang pemulihan sakit tipes, pastikan anak beristirahat dengan cukup. Hindari banyak beraktivita, karena dapat menghambat penyembuhan. Selain itu, batasi aktivitas anak untuk mencegah penyakit tipes menular pada orang di sekitar. Kondisi anak biasanya akan membaik dalam lima hari, setelah diberi obat tipes dan perawatan yang tepat. Namun apabila kondisi kesehatan anak tak kunjung membaik, sebaiknya segera bawa anak ke rumah sakit. Selain itu, bawa anak ke rumah sakit jika mengalami tanda-tanda dehidrasi dan lemas yang berlebihan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar