Papeda Gulung, Jajanan Favorit Anak Sekolah

Gerobak penjual jajanan Papeda Gulung, Zainal, di Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

KBRN, Jakarta : Papeda gulung menjadi salah satu jajanan SD yang sangat popular. Papeda gulung memang merupakan jajanan khas Indonesia Timur, yakni Papua. Namun pedagang papeda gulung di Jakarta memodifikasinya dengan menggunakan sagu yang digulung pada tusuk sate.

Salah satunya adalah Zainal, seorang pedagang asal Jawa Timur yang berjualan papeda gulung di Jakarta. Ia sudah tiga tahun berjualan jajanan ini. Zainal biasanya berjualan papeda gulung di depan sekolah-sekolah yang berada di sekitar Kebon Melati, Jakarta Pusat. Di sana, ia berjualan dari pagi hingga siang hari, dan dilanjutkan dengan berkeliling sampai hari menjelang sore.

Ketika dimakan, papeda gulung memiliki tekstur yang lengket menyerupai lem. Untuk membuat jajanan ini, Zainal tentu membutuhkan berbagai macam bahan.

“Kasih telur dulu, dikocok dicampur tepung sagu," ujar Zainal, menjelaskan.

Selain telur dan tepung sagu, Zainal juga memerlukan saus balado, dan abon untuk membuat dagangannya. Harga jajanan papeda gulung yang dijual Zainal pun bervariasi. Papeda gulung dengan telur puyuh dijual dengan harga seribu rupiah. Sementara papeda dengan telur ayam dijual seharga lima ribu rupiah.

-Dimas-Pap

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar