Ide Camilan Sehat Bagi Pemilik Kolesterol Tinggi

KBRN, Jakarta : Pemiliki kolesterol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan produk susu. Sebaiknya konsumsi camilan sehat yang dapat membantu penurunan kadar kolesterol tinggi seperti berikut ini.

1. Tuna dan Nori

Tuna membantu penurunan kolesterol karena mengandung asam lemak Omega-3. Buatlah camilan dari ikan tuna yang ditambah bahan lain, seperti nori atau rumput laut. Selain itu, salad tuna dengan campuran bahan lain juga menyehatkan jantung, seperti minyak zaitun, bawang merah, atau seledri. Gunakan lembaran nori atau daun selada untuk membuat bungkus sandwich tuna sebagai camilan.

2. Alpukat dan Roti Gandum

Alpukat mampu menurunkan kolesterol LDL (jahat) karena banyak mengandung lemak tak jenuh. Separuh buah alpukat mengandung sekitar 5 gram serat. Buah alpukat ini dapat dicampur dengan roti gandum utuh agar mendapat lebih banyak serat.

3. Seledri Salad Salmon Kari

Sama seperti tuna, salmon adalah sumber makanan lengkap lemak Omega-3. Untuk membuat salad, campurkan sekaleng salmon dengan mayones serta minyak zaitun, bubuk kari, anggur cincang, kacang mete , dan sedikit madu. Kemudian, masukkan satu sendok salad salmon ke dalam beberapa batang seledri untuk dijadikan camilan.

4. Irisan Apel dengan Mentega Kacang atau Biji

Perpaduan irisan apel dan selai kacang dapat menjadi camilan lezat bagi pemilik kolesterol tinggi. Apel mengandung serat dan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C dan kalium. Sementara itu, selai kacang serta biji memberi serat tambahan, sedikit protein, dan banyak lemak yang menyehatkan jantung. Seperti almond, kacang tanah, atau mentega bunga matahari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar