Jangan Sembarangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ketika Perut Kosong

KBRN, Jakarta : Ketika perut dalam keadaan kosong tentu akan terasa sangat lapar. Sehingga timbul kecenderungan untuk makan berlebihan tanpa memikirkan efek samping yang dapat terjadi pada perut. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman berikut ketika perut dalam kondisi kosong.

1. Sayuran Mentah

Hindari makan sayuran mentah ketika perut kosong, karena dapat membuat terlalu kenyang dan menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayuran berserat akan sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas serta kembung.

2. Buah Dalam Porsi Besar

Memakan buah dengan porsi besar akan menyebabkan glukosa darah mendadak naik. Selain itu, memakan buah dalam porsi besar dapat sebabkan lelah dan lapar dalam 30-60 menit. Keasaman dalam buah-buahan juga memicu asam lambung menjadi naik.

3. Protein Shakes

Protein shake mengandung whey yang apabila dikonsumsi ketika perut kosong dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, kram, dan juga diare.

4. Daging Merah 

Makan daging merah ketika perut kosong dapat menyebabkan tubuh bekerja ekstra untuk memecah protein, sehingga mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

5. Kopi

Hindari memulai hari dengan kopi, terlebih apabila perut masih dalam keadaan kosong di pagi hari. Hal ini dapat menyebabkan tubuh melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan, meningkatkan keasaman dan mengakibatkan masalah pencernaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar