FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Sayuran Kecombrang Wangi Untuk Badan

KBRN, Jakarta : Tahukah anda kecombrang, selain tumbuhan juga dapat dinikmati sebagai sayur yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

Kecombrang atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. 

Tumbuhan yang bernama ilmiah etlingera elatior famili dari zingiberacee kelas liliopsida ini dapat didapat tumbuh di lereng pegunungan. 

Salah satunya tumbuh pesat di kampung loak kecamatan Tamansari, Gunung Salak Bogor Jawa barat. 

Dalam pantauan RRI pro1 Jakarta, diwilayah hukum polres Bogor ini dapat dijajakan dikawasan wisata pura Parahiyangan Agung. 

Menurut salah satu penjual keconbrang atau kincung ibu Siti menuturkan, tumbuhan ini banyak peminatnya lantaran para pembeli meyakini dengan mengolah tumbuhan ini menjadi sayur bisa membuat badan wangi dan segar

"Iya mas, pembeli banyak yang sengaja datang kesini untuk membeli kecombrang ini, Alhamdulillah, kecombrang pada suka,"ujar Siti di kampung Loak kecamatan Tamansari, Gunung Salak, Bogor Jawa barat, Minggu (28/11/2021) 

Dikatakan, tumbuhan sayuran ini bisa disajikan ikan basah yang diblender atau dibalado. Ditangan ibu Siti yang berjilbab dan cantik ini, Tumbuhan kecombrang dijual bervariasi diantaranya menjadi sambal dan utuhan kecombrang.

Untuk sambal sendiri satu bungkus dijual sepuluh ribu rupiah dan untuk utuhan di jual 5 ribu rupiah 3 ikat. 

Jika anda ingin langsung menikmatinya dapat langsung ke lereng Gunung Salak.Tumbuhan keconbrang atau bunga rias berwarna merah marun dengan panjang 30cm dan hanya diambil bunganya.

Kami pun sempat mencicipi kecombrang ini yang rasanya enak dan beraroma sedap. Usai menikmati hidangan tersebut, salah satu warga yakni bapak Kliwon di rumah Herbal, Karuhun Salak mengajak ke lahan kecombrang yang ditanam dan sangat senang lantaran secara gratis kami dapat membawa kecombrang ini untuk menjadi buah tangan ke rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar