Puluhan Kusir Kuda Ikuti Workshop Perawatan Kuda

KBRN, Jakarta : Sebanyak 24 pemilik kuda di Jakarta Selatan Mengikuti Workshop Peduli Kuda Pekerja Jakarta Selatan Perawatan dan Pemasangan Tapal Kuda Delman Jakarta Selatan di Agro Edukasi Wisata Ragunan, Senin (14/6).

Workshop yang diinisiasi oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) yang mengarah dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dibuka secara resmi oleh Plt Walikota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji Disertai Kasudin KPKP Hasundungan serta tidak terkait lainnya.

Isnawa mengatakan, dengan digelarnya workshop ini, diharapkan pekerja kuda mendapatkan perhatian penuh dari para kusir/pemiliknya dalam hal perawatannya.

Melalui workshop ini, ujar Isnawa Adji, Sudin KPKP menjembatani agar para narasumber bisa memberikan masukan saran edukasi kepada ada para kusir untuk bagaimana merawat kuda pekerja di tengah pandemi covid jangan sampai mereka sakit yang sampai misalnya mereka tidak terurus. 

"Kita harus punya kepedulian terhadap kuda pekerja ya di Jakarta Selatan dan 39 kuda pekerja yang tersebar di 4 Kecamatan,  sekarang sedang pandemi covid istilahnya semuanya sedang mengalami situasi memang agak sulit ya dampak dari mungkin banyak di rumah kan karena kantornya sedang mengalami kesulitan hal ini berdampak juga terhadap keberadaan kuda pekerja kita tahu aktivitas berkerumun dikurangi ya tidak ada lagi tempat-tempat rekreasi yang dibuka karena memang berpotensi terhadap penyebaran virus COVID-19 ini juga berdampak terhadap kesejahteraan para kusir termasuk juga bagaimana terhadap keberadaan kuda pekerja," tuturnya.

Sementara, Kasudin KPKP Hasundungan menambahkan, pada kegiatan workshop ini, diikuti sebanyak 24 pemilik kuda diberikan pemahaman tentang merawat dan memelihara kuda dengan baik.

"Untuk Jakarta Selatan ada 39 ekor kuda delman yang beroperasi, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, mengapa bengkel tapal kuda, karena tapal kuda adalah sarana kuda untuk beroperasi, jika tidak benar-benar dirawat dengan baik, maka kuda akan cidera," ujarnya.**

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00