Dagelan Seleksi Sekda Depok

FOTO: Ist

KBRN, Depok: Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Depok 2021, telah mengumumkan 8 orang calon Sekda Kota Depok tahun 2021. 

Jika diamati dari 8 perserta tersebut, terdiri dari 4 orang ASN alumni IPDN vs 4 orang ASN non IPDN. 

Peserta calon Sekda lulusan IPDN yaitu.

1. Kepala Disrumkim Dudi Miras.

2. Kepala Disnaker Manto Jorghi.

3. Kepala BKPSDM Supian Suri.

4. Kepala BKD Nina Suzana. 

Dan peserta calon Sekda non IPDN yaitu.

1. Kepala Disporyata Wijayanto.

2. Sekretaris Dewan Kania Purwati.

3. Kepala Diskominfo Sidik Mulyono.

4. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Siti Chaerijah. 

Jika dilihat dari tingkat pendidikan, ada 7 calon Sekda lulusan S2 dan 1 orang lulusan S3 yaitu Sidik Mulyono. 

Secara akademis, Sidik Mulyono diatas kertas karena lebih unggul dari 7 calon Sekda lainnya. Akan kah Sidik mampu unjuk kemampuan pada tes tes Sekda yang akan datang? 

Namun jika ditinjau dari segi pengaruh, calon Sekda Depok 2021 terdiri dari dua kubu yaitu kubu Wali Kota Muhammad Idris dan kubu partai politik yaitu PKS yang kebetulan satu almamater dengan Wakil Walikota Imam Budi Hartono (IBH). 

Kubu Wali Kota Depok diantaranya Supian Suri, Nina Suzana, Dudi Miras dan Kania Purwati. Sedangkan kubu partai politik adalah Sidik Mulyono, Siti Chaerijah, Wijayanto dan Manto Jorghi. 

Sebagai informasi, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Depok 2021 Prof Kalamullah Ramli adalah Professor dibidang Teknik Komputer di Universitas Indonesia (UI). 

Lho kok bisa dari teknik komputer Ketua Pansel Sekda Depok? 

Mantan Dirjen Pos dan Penyelenggara Informatika (PPI) Kemenkominfo pada masa kepemimpinan Tifatul Sembiring itu juga masih menjabat sebagai Senat Akademik Universitas UI hingga saat ini. 

Lalu, siapakah nanti yang menjadi the next Sekda Depok? antara calon dari kubu Wali Kota Depok dan calon dari kubu Wakil Walikota Depok (PKS). Dan antara calon lulusan IPDN dan calon non IPDN?. 

Patut diajungkan jempol, bahwa baru-baru ini, Presiden PKS Ahmad Syaiku menegaskan pihaknya mendukung upaya KPK dalam memberantas tindak pidana korupsi. Syaikhu pun menyebutkan jika rakyat juga dilukai dengan adanya korupsi dana bansos yang terjadi saat pandemi virus Corona (Covid-19). 

Hal ini merujuk pada "disingkirkan" nya 51 penyidik KPK lewat tes wawasan kebangsaan (TWK) belum lama ini. 

Disatu sisi, Wali Kota M Idris pun akan kelimpungan jika tidak bisa dikatakan "pincang" dalam menjalankan roda pemerintahan tanpa kehadiran Sekda yang mumpuni, luwes, tegas dan loyal sampai 2024 nanti. 

Diberitakan sebelumnya, ke 8 calon Sekda ini akan mengikuti tahapan seleksi Uji Kompetensi pada Rabu 2 Juni 2021, bertempat di Aula Bappenda, Lantai 3 Gedung Baleka I. Kemudian, tahapan seleksi Pemeriksaan kesehatan dan MMPI-2 di RSUD Sawangan Depok. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00