Hore, Warga Depok Boleh Solat Jumat Berjamaah Mulai 05 Juni 2020

Wali Kota Depok Idris Abdul Somad saat mengunjungi Masjid Baiturrahman Jalan Tole Iskandar Depok

KBRN, Depok: Seiring akan berakhirnya PSBB masa inkubasi ke empat pada 04 Juni 2020. Pemerintah Kota Depok akan beralih dari PSBB ke PSBB Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) tingkat RW.

Dengan PSKS ini Pemerintah Kota Depok mulai mempersiapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengganti New Normal. Karena Kota Depok masih masuk kategori 3 atau zona kuning, sehingga belum bisa menerapkan New Normal secara utuh.

"Sesuai arahan pusat, setelah 04 Juni BODEBEK akan menerapkan PSBB Proporsional, kalau di Kota Depok disebut PSKS," kata Wali Kota Depok Idris Abdul Somad saat memantau persiapan AKB di Masjid Baiturrahman, Jalan Tole Iskandar, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (03/06/2020).

Pun demikian, selama PSBB PSKS beberapa aktifitas publik sudah diperbolehkan. Salah satunya ibadah berjamaah di Masjid dengan protokol-protokol kesehatan yang telah dipersiapkan. 

Se Kota Depok seluruh masjid sudah diperbolehkan melaksanakan solat subuh dan solat Jumat berjamaah mulai Jumat 05 Juni hingga evaluasi 14 hari kedepan. Karena Kamis 04 Juni pukul 24:00 WIB, PSBB inkubasi ke empat sudah berakhir.

"Cuman kami minta solat berjamaah di masjid ini hanya diperuntukkan untuk warga setempat. Orang luar ngga boleh, makanya kami mohon kepada pengurus masjid mengawasi hal ini," katanya.

Dilanjutkan Idris, sesuai arahan WHO jarak solat berjamaah minimal 2 meter. Namun untuk Kota Depok akan diberi jarak 1-1,5 meter antar jamaah yang satu dengan yang lain. Berikut protokol kesehatan solat berjamaah di masjid:

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar masjid.

2. Menggunakan masker bagi pengurus maupun jamaah

3. Membawa sajadah sendiri

4. Diusahakan sudah berwudhu dari rumah

5. Tidak berjabat tangan dan berpelukan

6. Menjaga jarak

7. Bagi yang kurang sehat silahkan solat dirumah saja.

"Selain itu sebelum masuk mesjid jamaah harus diukur suhu tubuhnya. Dan jangan membawa anak dibawah umur 12 tahun dan orangtua rentan solat berjamaah di masjid," pungkasnya. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00