Sepanjang tahun 2020 Kalimantan Selatan akan Gelar 32 Event Pariwisata. Apa saja ?

KBRN, Jakarta: Kalimantan Selatan terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan keasriannya yang masih terjaga. Sejumlah atraksi wisata termasuk aneka satwanya yang khas menjadikan tanah Borneo sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Bersama Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan Visit Kalsel 2020.

Dalam pencurannya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, disiapkan 32 event pariwisata sepanjang tahun dengan dua diantaranya, Festival Lokasado dan Festival Dayak Meratus,  masuk dalam Calendar of Event Nasional 2020.

"Peluncuran CoE dan Visit Kalsel 2020 sebagai upaya mempromosikan serta meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus di Kalsel", kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima RRI pada Senin (4/11).

Tercatat, pada 2016 provinsi Kalsel telah dikunjungi sebanyak 20.000 wisman dan lebih dari 600 ribu wisnus.

Wagub Kalsel Rudy Resnawan mengatakan peluncuran event dengan mengusung tema The Legend of Borneo ini selain untuk menarik wisatawan juga sekaligus memperkenalkan potensi seni dan budaya Kalsel yang unik dan eksotik.

“Provinsi Kalsel memasukkan pariwisata sebagai satu diantara 13 program prioritas 2016-2021. Selain itu Kalsel juga ingin menjadi salah satu destinasi wisata nasional,” ujar Rudy.

Melalui event tersebut Rudi mengharapkan  bisa mendongkrak popularitas Kalsel yang memiliki keindahan wisata bahari dan alam.

Untuk memeriahkan event Visit Kalsel 2020, Kalimatan Selatan  telah menyiapkan 5 festival tingkat nasional dan internasional antara lain festival bamboo rafting, festival pasar wadai, festival kemilau Banjarmasin, International Folks Festival dan festival/internasional event yang akan digelar di tiga lokasi yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Sebanyak 32 event pariwisata unggulan Kalsel yang digelar sepanjang tahun 2020 terbagi dalam 2 periode yakni Januari hingga Juni 2020 akan digelar sebanyak 13 event antara lain Festival Karya Tari Serumpun Melayu Pesisir yang akan berlangsung di Kabupaten Barito Kuala (10-14 Januari 2020 serta X-Treme Kiram yang berlangsung di Kabupaten Banjar pada 6 Mei 2020.

Adapun, pada periode Juli hingga Desember 2020 digelar 19 event diantaranya Aruh Adat Suku Dayak di Kabupaten Tapin (Juli-Agustus 2020, Festival Loksado (Agustus 2020) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Borneo Orchid Show di Kabupaten Tanah Laut pada Desember 2020.

Kalimantan Selatan juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam (nature) diantaranya Kawasan Wisata Loksado, Kawasan Tahura, Pulau Kaget, Ecotourism Sambel Gelap, dan Kerbau Rawa Danau Panggan.

Selain itu, ada destinasi budaya dan kuliner yaitu pasar terapung Lok Baintan, Pendulangan Intan Cempaka, Candi Agung Amuntai, Kelapayan, dan Desa Wisata Dayak Halong. Sedangkan andalan kuliner Kalsel yaitu soto banjar, ketupat kandangan, paliat, mie bancir, dan lontong orari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00