Antisipasi Banjir, Pemkot Jaktim Gencar Keruk Waduk dan Saluran

KBRN, Jakarta : Untuk mengantisipasi banjir dan genangan sebelum musim hujan datang, Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, meminta pengerukan waduk, setu, saluran air, sodetan dan kali dipercepat.

Hal itu disampaikan Anwar saat Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) bersama seluruh pejabat, baik dari Kepala Suku Dinas, Kepala Suku Badan, Kepala Bagian.

Rapat yang berlangsung di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (18/8/2022), ini turut dihadiri 10 Camat, dan 65 Lurah yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Waduk, setu, saluran air, sodetan, dan kali harus dilihat kondisi sedimen lumpurnya. Dikhawatirkan sedimennya sudah tinggi dan tebal, saat hujan menimbulkan genangan," kata Anwar.

"Untuk itu Sudin SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Timur agar segera menyelesaikan pengerukan waduk, saluran, setu, sodetan, agar di saat hujan air berjalan lancar, dan air bisa tertampung dengan baik, sehingga tidak menimbulkan genangan,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut, Anwar juga menjelaskan pembuatan sumur resapan (sures) di Jakarta Timur. Targetnya tahun ini, sebanyak 2000 sumur resapan harus rampung di akhir tahun.

“Tahun ini ditargetkan (pembuatan sumur resapan) sebanyak 2000 dibagi per kecamatan di wilayah Jakarta Timur. Dan, saya akan monitor wilayah mana yang capaiannya masih rendah, minggu depan saya akan pimpin rapatnya,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar